Hadiri Sertijab Panglima TNI, Puan Beri Pesan Khusus

Ketua DPR Puan Maharani hadiri sertijab Panglima TNI di Cilangkap, Jakarta Timur
Sumber :
  • Dok. DPR.

VIVA - Ketua DPR, Puan Maharani, turut menghadiri serah terima jabatan (sertijab) Panglima TNI dari Marsekal Hadi Tjahjanto kepada Jenderal Andika Perkasa di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis, 18 November 2021. Puan mengatakan dengan pergantian pimpinan di tubuh TNI, dia berharap agar TNI dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya menjaga kedaulatan NKRI dengan semakin lebih baik lagi.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Lanjutkan Tugas

Puan juga berharap agar Jenderal Andika dapat melanjutkan tugas-tugas yang sudah dimulai dan dilaksanakan Marsekal Hadi secara profesional. Dia berpesan agar TNI mampu menjadi pilar utama dalam mendorong program vaksinasi.

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

"TNI sebagai salah satu elemen bangsa yang bertugas dalam penanganan pandemi COVID-19, saya secara khusus meminta agar TNI menjadi garda terdepan program vaksinasi di daerah-daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal)," kata Puan.

VIVA Militer: Sertijab Panglima TNI dari Hadi Tjahjanto ke Jenderal Andika

Photo :
  • Puspen TNI
19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Bantu Penanganan COVID-19

Lebih lanjut, Puan berharap TNI terus membantu dalam pengawasan serta penegakkan disiplin protokol kesehatan. Apalagi dilaporkan ada sebanyak 17 ribu orang yang positif COVID-19 bebas beraktivitas di fasilitas publik seperti mal berdasarkan pantauan aplikasi PeduliLindungi.

"Peran TNI sangat diperlukan untuk membantu pemerintah mengingatkan agar masyarakat disiplin protokol kesehatan walaupun kondisi Pandemi COVID-19 sudah lebih baik," ujar Puan.

VIVA Militer: Marsekal Hadi serahkan Panji TNI ke Jenderal TNI Andika Perkasa

Photo :
  • Puspen TNI

Gelombang Ketiga

Kesadaran masyarakat dinilai penting, terutama jelang masa libur hari raya Natal 2021 dan tahun baru 2022. Agar Indonesia tidak mengalami gelombang ketiga COVID-19, kata Puan, sosialisasi yang masif serta penegakan aturan harus diutamakan.

"Pemerintah sudah mengumumkan akan menerapkan kebijakan PPKM level 3 di seluruh wilayah Indonesia selama masa libur Natal dan tahun baru. Mari semua elemen bangsa bekerja sama mengingatkan masyarakat agar mematuhi ketentuan tersebut," kata Puan.

Dia menambahkan TNI bersama instansi lain seperti Polri, dapat mengawal kebijakan ini untuk memastikan masyarakat tetap mengikuti petunjuk protokol kesehatan dari pemerintah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya