Cuaca Buruk, Dua Kapal di Pelabuhan Merak Tabrakan

Ilustrasi Dermaga II Pelabuhan Merak, Banten.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

VIVA - Dua kapal yang sedang lepas jangkar bertabrakan karena ada kapal yang terseret ombak dan angin kencang akibat cuaca buruk di sekitar Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Peristiwa nahas itu terjadi Selasa, 23 November 2021 sore, sekitar pukul 17.30 WIB.

Hujan Lebat Mengguyur Arab Saudi, Madinah Diterjang Banjir Bandang

Ilustrasi Pelabuhan Merak

Photo :
  • ANTARA Foto/Akbar Nugroho Gumay

Lepas Jangkar

Polisi Sulsel Gagalkan Penyulundupan Sabu 30 Kilogram Senilai Rp 46 M

Dua kapal yang bertabrakan yakni KMP Nusa Jaya dan KMP Farina Nusantara. Saat cuaca buruk, keduanya sedang engker atau lepas jangkar di dekat Pulau Merak Besar.

"Kejadian senggolan Farina Nusantara dengan Nusa Jaya di area labuh Merak kemarin, sekitar pukul 17.30 WIB, saat kondisi cuaca cukup ekstrim. Info dari kapal kecepatan angin sampai 45 knot," kata Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten, Hariyanto, Rabu, 24 November 2021.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Baca juga: Tugboat dan Kapal Nelayan Tabrakan di Selat Bangka, Satu Orang Hilang

Angin Kencang

Saat kejadian, angin bertiup kencang, ombak tinggi dan hujan. KMP Nusa Jaya bersama petugas Local Port Service (LPS) Pelabuhan Merak memanggil KMP Farina Nusantara melalui sambungan radio pada Selasa, 23 November 2021, sekitar pukul 17.10 WIB, namun tidak ada respons.

Sekitar pukul 17.20 WIB, KMP Farina Nusantara baru merespons panggilan yang dilakukan terus menerus dan melakukan tindakan untuk menghindari tabrakan. Nahas, tabrakan dua kapal tetap terjadi.

"KMP Farina nusantara menyenggol lambung kiri KMP Nusa Jaya, sehingga lambung kapal Nusa Jaya sobek 1 meter. Kapal Farina Nusantara juga menyenggol cerobong KMP Nusa Jaya yang mengakibatkan penyok," kata Kepala KSOP Banten, Barlet Silalahi.

Tak Ada Korban Jiwa

Kapten kapal juga sudah membuat laporan ke petugas terkait. Meski mengalami kerusakan, beruntung tidak menelan korban jiwa.

"Sementara tidak ada (korban jiwa)," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya