Pangdam Cenderawasih: Bendera Bintang Kejora Berkibar di Markas KSB

VIVA Militer: Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono
Sumber :
  • Instagram/@kodam17

VIVA – Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono menyatakan bahwa aparatnya menemukan aksi pengibaran bendera Bintang Kejora di markas kelompok sipil bersenjata (KSB) di Kampung Bulapa, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Kaleidoskop 2023: 4 Ulama Murtad, Reaksi Tentara Israel Melihat Pasukan Elit TNI AL Kopaska

"Pengibaran hanya dilakukan di markas KSB di Bulapa, dan di wilayah lainnya hingga kini belum ada laporan," kata Yogo, dilansir dari ANTARA, di Jayapura, Rabu, 1 Desember 2021.

Dia mengatakan, pengibaran bendera itu sering terjadi di sana, namun karena lokasi itu merupakan markas KSB maka aparat tidak mengambil tindakan tertentu. "Prajurit tidak mengambil tindakan karena itu memang markas KSB," ujarnya, seraya menambahkan bahwa secara keseluruhan wilayah Papua dalam kondisi aman.

Asal Usul Bendera Bintang Kejora yang Dikibarkan AMP di Yogyakarta

Sebelumnya dikabarkan adanya pengibaran bendera Bintang Kejora di Gelanggang Olahraga Cenderawasih, Jayapura Papua. Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Papua Kombes Faizal Rahmadani membenarkan adanya laporan itu dan kini para pelaku sudah ditangkap.

Tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM), organisasi yang berjuang memisahkan Papua dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Top Trending: Bendera Bintang Kejora Berkibar di Yogyakarta, Wali Kota Semarang Bagi-bagi Motor

Polisi telah mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat bersamaan dengan momen peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada Rabu, 1 Desember 2021.

Menurut Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol. Ahmad Ramadhan, di Mabes Polri, Selasa, Polri melakukan upaya-upaya preemtif atau upaya pencegahan agar situasi kamtibmas di Papua aman terkendali. Aparat juga mengedepankan upaya-upaya edukasi dan sosialisasi yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban di Papua.

Beredar informasi di media sosial bahwa Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) berencana mengibarkan bendera Bintang Kejora pada Rabu dalam rangka HUT OPM. Bendera Bintang Kejora akan dikibarkan di Kabupaten Intan Jaya.

Tidak terprovokasi

Di tempat lain, Pemerintah provinsi Papua Barat bersama unsur TNI dan Polri menjamin keamanan masyarakat dari gangguan kelompok yang berseberangan ideologi pada 1 Desember.

Viral bendera bintang kejora berkibar di Papua

Photo :
  • VIVA / Aman Hasibuan (Papua)

 

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan di Manokwari, mengimbau masyarakat tidak terprovokasi dengan ajakan 1 Desember dari pihak-pihak tertentu yang beda pandangan ideologi.

 

"Kepada masyarakat Papua Barat, saya imbau tidak ikut-ikutan dalam aksi kelompok radikal apa pun yang beda pandangan ideologi dengan NKRI," ujar Mandacan.

 

Dia juga mengatakan bahwa 1 Desember adalah hari biasa bagi Provinsi Papua Barat, dan secara internasional ditetapkan sebagai hari AIDS se-dunia. "Jadi masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa," ujarnya.

 

Kepala Polda Papua Barat Irjen Tornagogo Sihombing mengatakan bahwa separuh personel Polda Papua Barat dan Polres jajaran dikerahkan dalam pengamanan 1 Desember 2021 bersama TNI di seluruh wilayah Papua Barat.

 

"1 Desember masuk dalam kalender Kamtibmas Polda Papua Barat, sehingga personel Polri di daerah ini akan kami siagakan bersama satuan TNI untuk menjamin keamanan masyarakat dari potensi gangguan kelompok berseberangan ideologi," ujarnya. (ant)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya