Kontak Tembak TNI di Papua, Laksda Julius: Ini Operasi Penyelamatan Pilot Susi Air

Kapuspen TNI Laksda Julius Widjojono Dalam Keterangan Persnya
Sumber :
  • VIVA/ Mohammad Yudha Prasetya

VIVA Nasional – Kepala Pusat Penerangan TNI, Laksda TNI Julius Widjojono menjelaskan, latar belakang terjadinya kontak tembak di Mugi-Man Kabupaten Nduga, Papua, pada Sabtu, 15 April 2023. Menurut dia, kontak tembak bermula dari operasi pembebasan Pilot Susi Air, Capten Philips Max Marthin, yang disandera oleh pihak OPM sejak beberapa waktu silam.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Hal itu disampaikan Julius sekaligus mengklarifikasi kesimpangsiuran informasi yang beredar di media sosial terkait kontak tembak di Mugi-Man, Kabupaten Nduga, Papua.

"Jadi ini adalah bagian dari operasi penyelamatan Pilot Susi Air, dan operasi selanjutnya akan ditingkatkan oleh Panglima TNI," kata Julius dalam konferensi pers di Mabes TNI, Jakarta pada Minggu, 16 April 2023.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Saat ditanya soal kebenaran dari video yang beredar, yang disebut-sebut sebagai rekaman saat penyerangan anggota TNI oleh pihak OPM, Julius mengaku belum bisa mengkonfirmasi. "Untuk berita-berita Papua (terkait beradarnya) video, kami belum menerima," ujar Julius.

Kapuspen TNI Laksda Julius Widjojono Dalam Keterangan Persnya

Photo :
  • VIVA/ Mohammad Yudha Prasetya
KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Menurut dia, bahwa apa yang dilakukan pihak TNI saat ini merupakan operasi militer, yang bertujuan menegakkan sifat humanis melalui smart operation. Tujuannya tak lain adalah demi meminimalisir jatuhnya korban.

"Perintahnya jelas, Panglima TNI lakukan operasi militer, yang sifatnya menegakkan sifat humanis lebih tepatnya adalah smart operation. Di mana tujuannya ingin mengurangi jatuhnya korban," ujarnya.

Namun, kata dia, strategi operasi militer tentu tidak bisa disampaikan kepada publik. Karena, hal itu bersifat rahasia. "Untuk stategi operasinya sendiri tidak bisa saya sampaikan, karena itu sifatnya sangat rahasia. Sementara untuk jumlah korban, nanti akan kami data ulang dan kami sampaikan," ucapnya.

Sebelumnya Kabid Penum Puspen TNI, Kolonel Sus Aidil menjelaskan, peristiwa kontak tembak antara anggota TNI dengan kelompok separatis teroris (KST) Papua, terjadi pada Sabtu, 15 April 2023. Dikabarkan ada korban dari anggota TNI dalam kontak senjata itu.

Kata Aidil, penyerangan itu terjadi ketika anggota TNI tengah melakukan operasi untuk mencari pilot Susi Air, Kapten Philips Max Mehrtens, yang tengah menjadi sandera Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB OPM).

"Prajurit yang bertugas melakukan operasi SAR Pilot Susi Air di wilayah Mugi-Mam kontak tembak dengan gerombolan KST," kata Aidil dalam keterangannya pada Minggu, 16 April 2023. 

Sampai saat ini, Aidil belum dapat memastikan jumlah anggota TNI yang meninggal dunia ataupun luka-luka akibat penyerangannya tersebut. Namun, ia memastikan proses pemberian bantuan dan evakuasi tetap berlangsung sampai saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya