Bendera Bintang Kejora Berkibar di Yogyakarta, Massa Aksi Teriak 'Papua Bukan Merah Putih'

Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) mengibarkan bendera Bintang Kejora
Sumber :
  • Instagram: gubukfilsafat

Yogyakarta – Diduga Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) mengibarkan bendera Bintang Kejora dalam aksi Memperingati 62 tahun Kemerdekaan Bangsa West Papua.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Aksi tersebut digelar di sepanjang Nol Kilometer hingga Asrama Papua Kamasan I, Yogyakarta pada Jumat, 1 Desember 2023.

VIVIA Militer: Pasukan TPNPB kibarkan bendera bintang kejora.

Photo :
  • Repro Facebook
Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Dalam video yang diunggah akun Instagram @gubukfilsafat, tampak aksi tersebut diikuti ratusan massa yang berjalan kaki sambil mengibarkan sebanyak 5 bendera Bintang Kejora.

“Papua bukan Merah Putih, Papua bukan Merah Putih. Papua Bintang Kejora, Bintang Kejora,” teriak mereka, seperti dilihat Senin, 4 Desember 2023.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

Informasi dihimpun dari beberapa sumber, aksi memperingati 62 tahun West Papua ini diinisiasi oleh United Liberation Movement for West Papua (ULMWP). Mereka mengajak seluruh Solidaritas Papua Merdeka untuk melakukan serentak pada tanggal 1 Desember.

Seruan itu disampaikan melalui surat Seruan Presiden Eksekutif ULMWP, Manase Tabuni di Kota Jayapura, Papua, pada Kamis 30 November 2023.

“Rakyat bangsa Papua, para pemimpin organisasi, diplomat, dan pertahanan serta solidaritas Papua Merdeka di Indonesia, internasional di mana saja berada, tetap dilakukan peringatan kemerdekan Papua dengan tenang dan damai, bermartabat dengan saling menjunjung dan mengapresiasi setiap bentuk perjuangan yang diberikan untuk memperingati kemerdekaan Papua,” kata Tabuni dalam surat seruan itu.

Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) mengibarkan bendera Bintang Kejora

Photo :
  • Instagram: gubukfilsafat

Tabuni mengatakan peringatan HUT kemerdekaan Papua ke-62 pada 1 Desember 2023  dapat dilakukan sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing wilayah dan negara. 

Bentuk kegiatannya, kata dia, bisa berupa upacara, aksi demonstrasi damai, ibadah, doa, seminar, diskusi, dan pentas seni musik.

Tabuni mengajak untuk mengheningkan cipta, mengenang kembali jasa para leluhur dan pejuang Papua yang telah berpulang. Dia juga menyerukan pihaknya untuk mendoakan para pengungsi warga sipil Papua yang berada di berbagai wilayah.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya