ICW Sayangkan Jokowi Tak Singgung TWK di Hari Antikorupsi Sedunia

Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana
Sumber :
  • Antarafoto/Kurnia Ramadhana

VIVA – Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana menyayangkan pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia 2021) yang digelar di KPK kemarin, sama sekali tidak menyinggung soal polemik Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Dalam pidato Hakordia kemarin, ICW juga menyayangkan Presiden tidak menyinggung kegaduhan demi kegaduhan yang selalu diciptakan oleh pimpinan KPK. Satu di antara sekian banyak kegaduhan adalah penyelenggaraan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)," kata Kurnia kepada awak media, Jumat, 10 Desember 2021.

Kegaduhan Akibat TWK

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Kurnia menyebut polemik TWK yang hasil tesnya tak kunjung diungkap ke publik, telah melemahkan kerja-kerja KPK, khususnya bidang penindakan.

Sayangnya, Jokowi selaku Presiden, dinilai Kurnia, tak peka terhadap persoalan tersebut. Meski hal ini penting untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi pimpinan KPK.

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik

"Sebagai Kepala Negara, Presiden harus menegur Pimpinan KPK. Sebab, akibat kegaduhan yang tak berkesudahan itu, roda kerja KPK terganggu dan capaiannya juga jauh dari kata ideal, terutama dalam lingkup penindakan," imbuhnya.

Dalam pidatonya kemarin, Presiden Jokowi menyinggung berbagai hal. Seperti meminta mengedepankan TPPU. Lalu mengejar buronan korupsi baik di dalam dan luar negeri. Termasuk untuk menyita harta para mafia, baik itu mafia migas, mafia tanah, mafia pelabuhan, mafia daging, dan yang lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya