Haedar Nashir Kenang Wali Kota Bandung Sosok yang Suka Silaturahmi

Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir
Sumber :
  • Ist

VIVA – Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya Wali Kota Bandung, Oded M Danial pada Jumat 10 Desember 2021.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Inna lillahi wa inna ilaihi ra'jun. Semoga Allah menerima amal ibadahnya, mengampuni kesalahannya, serta ditempatkan di Jannatun na'im,” kata Haedar dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 11 Desember 2021.

Haedar mengatakan sosok Oded Danial termasuk pejabat pemerintah yang merakyat serta dekat dengan umat. 

Golkar Tepis Isu Istri Ridwan Kamil Mundur dari Bursa Pilkada Kota Bandung

Baca juga: Diskon Dahsyat Semua Serba Rp12 Ribu, Cek Promo 12.12 Superindo

Terbukti, kata Haedar, di hari Jumat itu, Oded rencananya menjadi khatib dalam salat Jumat di Masjid Mujahidin Muhammadiyah di komplek gedung PWM Jalan Sancang nomor 6 Bandung Jawa Barat.

Gibran Masih Jabat Wali Kota Solo Usai jadi Wapres Terpilih, JK: Tidak Apa-apa

Haedar mengenang sosok Oded sebagai orang yang suka bersilaturahmi. Haedar menyebut dirinya pernah berjumpa dengan Oded di salah satu rumah makan di Jakarta.

“Suatu kali ketika saya dari bandara Soetta Jakarta hendak ke Kantor PP Muhammadiyah di Menteng Raya, mampir di salah satu rumah makan. Karena ramai kami tidak saling tahu siapa yang ada di situ," tutur Haedar.

"Usai makan, seseorang menghampiri dan duduk di ruang meja kami yang tidak seberapa luas. Dengan ramahnya dia bersapa, 'Saya Oded, Wali Kota Bandung, Pak Ketum' kata dia seakan memperkenalkan diri," sambung Haedar.

Haedar mengenang saat itu dirinya dan Oded sempat berbincang tentang perkembangan Kota Bandung. Berbagai perkembangan dan problematika Kota Bandung sempat dibahas Haedar dan Oded.

Haedar menceritakan dirinya sempat berada di Kota Bandung pada Rabu, 8 Desember 2021. Saat itu, Haedar dan istri sempat berkeliling Bandung mencoba naik mobil hemat energi dengan "disopiri" Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial

Photo :
  • VIVA/Adi Suparman

“Kami keliling Kota Bandung menuju rumah dinas Gubernur yang bangunannya klasik peninggalan Belanda. Di perjalanan kita banyak bicara soal kota Bandung. Tidak tersirat firasat apapun kalau kota yang sedang kami perbincangkan malam itu akan ditinggal Wali Kotanya,” ujar Haedar.

Haedar menerangkan bahwa usai berkunjung ke Bandung, keesokan harinya datang berita duka itu. Wali Kota Bandung Oded Danial, meninggal dunia. Kabar duka itu, sebut Haedar mengagetkan, tapi garis ajal memang siapapun tidak pernah tahu.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Sayang kami tidak bisa bertakziyah karena Kamis sore harus bertolak pulang, sehingga kabar duka itu datang setelah di Yogya. Semoga Bandung tetap maju dan makin berkemajuan di bawah penerus sang Wali Kota," ungkap Haedar.

"Selamat jalan Wali Kota Bandung, Kang Oded yang merakyat dan dekat di hati umat. Semoga pintu surga menanti kelak atas limpahan ridha Allah Yang Maha Rahman Rahim,” tutup Haedar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya