Tembok Puskesmas di Garut Jebol, Rangka Bangunan Bikin Geleng Kepala

Tembok Puskesmas Mekarmukti di Garut ambrol pondasinya ternyata bambu
Sumber :
  • VIVA/Diki Hidayat

VIVA – Tembok penahan tanah (TPT) di sekitar Pasar Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut, Jawa Barat, roboh imbas hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut pada Jumat, 17 Desember 2021, menjebol dinding ruang Unit Gawat Darurat (UGD) 24 jam Puskesmas Mekarmukti.

Pemkab Garut Berlakukan Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Sekretaris Kecamatan Mekarmukti, Makmun Gunawan mengatakan penyebab jebolnya dinding bangunan UGD bukan hanya karena tekanan material TPT yang runtuh, juga diduga diakibatkan kekuatan dinding bangunan UGD yang rapuh karena isi tulang bangunan berasal dari bambu.

"Tulang dinding bangunan UGD seharusnya berisi besi beton malah diisi bambu, bahkan ada tongkat pramuka dijadikan tulang dinding bangunan UGD," kata Makmun, Sabtu 18 Desember 2021.

Jumlah Rumah Rusak Akibat Gempa Garut Bertambah Jadi 110

Rangka bangunan Puskesmas Mekarmukti yang roboh ternyata bambu bukan besi

Photo :
  • VIVA/Diki Hidayat

Akibat jebolnya dinding bangunan UGD Puskesmas Mekarmukti mengakibatkan beberapa peralatan medis rusak, sejumlah lemari dan kasur pasien terpaksa dibiarkan untuk menahan dinding yang jebol.

Gempa Guncang Garut, Rumah-rumah di Tasikmalaya Mengalami Kerusakan

"Kondisi UGD Puskesmas Mekarmukti sangat tidak aman, selain karena salah satu dinding jebol, kami juga menduga jika tulang-tulang beton lainnya dibuat dari bambu," ungkap Makmun.

Lebih lanjut, Makmun menyebut peristiwa jebolnya TPT yang menimpa dinding bangunan UGD Puskesmas Mekarmukti terjadi Jumat sore sekitar pukul 17.30 WIB. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut karena suasana UGD saat jebol sedang tidak ada pasien.

"Beruntung didalam UGD sedang tidak ada pasien, hanya sejumlah alat medis mengalami kerusakan," pungkasnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya