Eks Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Divonis, Tiga Cawagub Disiapkan

Pelaksana tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA.co.id/Irfan

VIVA – Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengerucutkan nama calon wakil gubernur mendampingi Andi Sudirman Sulaiman bila dia ditetapkan sebagai gubernur definitif Sulawesi Selatan setelah mantan gubernur Nurdin Abdullah divonis bersalah.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

"Dalam waktu dekat ini dibicarakan, tapi sudah ada nama-nama yang beredar," kata Wakil Ketua PAN Sulawesi Selatan Irfan AB kepada wartawan di Makassar, Senin, 20 Desember 2021.

Saat ditanyakan namanya masuk dalam bursa calon wagub, Irfan mengaku siap maju bila diberikan amanah untuk bersaing dengan calon usulan dari dua partai pengusung lainnya. "Kita harus siap kalau ditugaskan partai, jadi tidak ada alasan untuk tidak siap."

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Kendati demikian, sejauh ini belum ada keputusan resmi dari PAN siapa figur yang didorong, begitupun rapat pleno belum dilaksanakan. Ketua PAN Sulawesi Selatan juga mengatakan, ada beberapa nama kader muda diusulkan.

"Ada beberapa nama dipertimbangkan, seperti Irfan AB, Usman Lonta, Syamsuddin Karlos, Andi Irwandi Natsir serta Nurkanita Marudanni. Kalau saya sendiri masih tetap lanjut di Senayan," kata Kahfi, kini menjabat anggota DPR RI.

Tak Bakal Usung Anies, Ini Sederet Kader yang Dijagokan PKS di Pigub Jakarta

KPK Tangkap Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Andi Ansyari Mangkona dari PDIP, yang namanya masuk calon wagub, mengaku merasa terhormat diusulkan. Namun ia masih menunggu persetujuan pimpinan pusat PDIP berkaitan posisi itu.

"Sebagai kader, pada prinsipnya, menerima perintah dan penugasan partai. Ini kita tinggal menunggu DPP, dilihat nanti apakah disetujui atau tidak. Ini kan baru usulan, nanti kita lihat perkembangannya. Karena ada beberapa tahapan. Bila sampai Maret 2022 tidak terproses, maka tidak ada lagi calon," ujarnya.

Secara terpisah, Ketua Bidang Politik, Hukum dan Kemananan PKS Sulawesi Selatan, Ariady Arsal, dikonfirmasi perihal calon wagub dari partainya, mengatakan ada dua nama, yakni dia dan Amri Arsyid. Namun demikian, arahan pimpinan tetap diprioritaskan Amri Arsyid yang kini menjabat Ketua PKS Sulawesi Selatan.

"Kita berharap status Plt Gubernur bisa definitif, kalau bisa pekan depan sudah definitif, maka teman-teman partai pengusung segera melakukan rapat menggodok perwakilan nama untuk disetujui menjadi wakil gubernur," ujar anggota TGUPP Sulawesi Selatan itu berharap. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya