Sungai Jambi Siaga Level III, Daerah Rawan Banjir Diimbau Mengungsi

Alat ukur tinggi muka air Sungan Batanghari Jambi.
Sumber :
  • VIVA/Syarifuddin

VIVA – Debit air sungai Batanghari, Jambi semakin hari semakin meluap kepermukaan rumah warga. Faktor meluapnya sungai ini akibat tingginya intensitas hujan di Jambi dan status sungai menjadi siaga level III. 

Panik Saat Digerebek Polisi, Heru Lompat ke Sungai Lalu Tenggelam dan Tewas

Petugas Penjaga Ketinggian Air Sungai yang berada di Tanggo Rajo Ancol, Kota Jambi, Sahrudin mengatakan, ketinggian air sungai sudah mencapai 13,87 meter dan air sungai akan terus naik secara signifikan setiap hari. 

"Air sungai saat ini sudah meluap ke permukaan rumah warga dan air bakal naik terus,” ujarnya, di Jambi, Rabu 22 Desember 2021. 

Banjir Bandang di Sumbar, Kemenag, Baznas dan LAZ Serahkan Bantuan untuk Korban Terdampak

Baca juga: Antisipasi Nataru, AP II Fungsikan Terminal 1 dan 2F Bandara Soetta

Sahrudin mengatakan, masyarakat yang tinggal di tempat rawan banjir diharapkan mengungsi sementara, demi menghindari ketinggian air dan tentunya di permukaan pekarangan warga akan lebih dalam. 

Wagub: Sumbar Butuh 150 Sabo Dam Antisipasi Lahar Dingin Gunung Marapi

"Kalau sudah ketinggian air 14,50 meter airnya sudah siaga II dan masyarakat tetap waspada dan berhati-hati,” jelasnya. 

Sahrudin menceritakan, air sungai Jambi yang merupakan terpanjang di Pulau Sumatera dan meluap karena dari Hulu seperti bungo, tebo dan batanghari, intensitas hujan tinggi sehingga sungai yang menyatu meluap dan saat sudah mulai surut daerah hulu, daerah hilir akan banjir lagi. 

Sungai Batanghari, Jambi.

Photo :
  • VIVA/Syarifuddin

"Seperti aliran sungai daerah hilir yang berdampak meluap banjir yakni Kota Jambi, Muaro Jambi hingga sampai ke Tanjabtim nantinya,” jelasnya.

Sementara itu, Sahrudin mengatakan, air sungai tidak cepat mengalir ke hilir yang merupakan daerah laut dikarenakan naik pasang terus, sehingga, air sungai menumpuk sehingga meluap kepermukaan rumah warga. 

"Normalnya ketinggian air yakni 9 meter dari permukaan sungai dan saat kita cek Rabu pagi, air sungai naik dengan cepat dan rawannya malam hari naik namun kita akan pantau terus menerus melihat dan menjaga tiang pengukuran debit ketinggian air sungai,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya