Angin Puting Beliung Terjang Cirebon, Puluhan Rumah Warga Rusak

Atap rumah yang rusak akibat puting beliung di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.
Sumber :
  • ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Cirebon

VIVA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mencatat 46 rumah warga di Desa Gebang rusak diterjang puting beliung, Senin, 27 Desember 2021 sore.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

"Yang mengalami kerusakan ada 46 rumah, baik rusak ringan maupun sedang," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon Alex Suheriyawan di Cirebon, Selasa, 28 Desember 2021.

Ia menjelaskan bencana alam akibat puting beliung terjadi kemarin, sekitar pukul 16.00 WIB di Desa Gebang, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon.

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

Dalam kejadian tersebut, 46 rumah warga mengalami kerusakan, antara lain kategori ringan dan sedang. Pada umumnya, bagian atap rumah mereka terbawa angin.

Ilustrasi angin puting beliung

Photo :
  • VIVAnews/ Bobby Andalan
Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Namun, lanjut Alex, dalam kejadian tersebut tidak terdapat warga yang mengalami luka maupun korban jiwa karena saat kejadian umumnya mereka sedang berada di dalam rumah.

"Selain angin puting beliung, pada saat yang bersamaan juga terjadi hujan lebat," ujarnya.

Puting beliung juga menyebabkan beberapa pohon di pinggir jalan tumbang.

Saat ini, pihaknya bersama unsur terkait dan warga masih melakukan pemulihan, serta memperbaiki beberapa rumah yang mengalami kerusakan.

"Kami mengimbau kepada warga untuk tetap berhati-hati, apalagi saat ini sudah memasuki puncak musim hujan," katanya. (Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya