Ganjar Ajak ke Sini Jika Ingin Tahu Misteri Candi Borobudur

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranoowo meresmikan Borobudur Edupark yang terletak di Desa Pabelan, Kecamatan Mungkid. Dia mengatakan tempat itu akan memanjakan orang-orang yang ingin mengetahui misteri Candi Borobudur.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Ganjar menuturkan Borobudur Edupark yang terletak kawasan candi peninggalan Dinasti Syailendra itu akan menjadi destinasi yang menarik, khususnya bagi mereka yang ingin mendalami tentang Candi Borobudur.

“Kalau yang tidak punya interest dalam, mereka hanya melihat candi, naik turun dan merasa capek. Tapi buat orang yang ingin tahu dalam, pasti nggak pernah habis," ujar Ganjar.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

“Borobudur Edupark ini menjadi salah satu tempat yang bisa memanjakan mereka yang ingin tahu tentang misteri Candi Borobudur," ujarnya menambahkan.

Ganjar menyampaikan pengunjung akan mengerti bagaimana cara membuatnya karya seni di Borobudur Edupark. Misteri-misteri di Candi Borobudur juga bisa dieksplorasi di tempat itu dan akan memberi pengalaman yang menarik bagi wisatawan.

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23

“Semua bisa dipelajari di sini, diteliti, dan orang bisa mendapatkan kebenaran-kebenaran yang ada di Candi Borobudur. Mudah-mudahan Borobudur Edupark ini bisa dijadikan satu learning process, orang bisa belajar dan memahami, sekaligus melestarikan dan mengembangkan.”

Lebih lanjut, Ganjar menambahkan pengunjung dapat mempelajari cara memilih batu yang baik, membentuk, serta memahat di Borobudur Edupark

Borobudur Edupark juga menyajikan cerita tentang seni Borobudur, khususnya seni pahat dari seorang seniman, Nyoman Mustofa.

“Di sini kita tahu bagaimana memilih batu yang baik, membentuk, memahat, dan lainnya, orang bisa belajar di sini. Ada workshop-nya juga, sehingga pengunjung bisa merasakan bagaimana sensasi memahat patung atau relief seperti yang ada di candi," ujar Ganjar.

Baca juga: 6 Misteri Candi Borobudur yang Masih Belum Terungkap, No 6 Memang Aneh

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya