Sebelum Kecelakaan, Bus Wisata Turunkan Penumpang Tak Kuat Menanjak

Kecelakaan Bus Pariwisata di Yogyakarta Tewaskan 13 Orang
Sumber :
  • VIVA/ Cahyo Edi

VIVA – Sebuah bus pariwisata dengan nomor polisi AD 1507 EH milik PO Gandos Abadi, mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Imogiri-Dlingo, Kabupaten Bantul, Minggu 6 Februari 2022.

Top Trending: Sosok ini Bikin Indonesia Berjaya Menurut Ramalan Jayabaya, 20% Istri Mau Ganti Suami

Kapolres Bantul AKBP Ihsan mengatakan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Saat itu bus dari Sukoharjo ini akan menuju Hutan Pinus Mangunan, Kabupaten Bantul dari Tebing Breksi, Kabupaten Sleman.

Ihsan menerangkan bus berisi karyawan sebuah pabrik konveksi di Sukoharjo, dalam rangka melakukan family gathering di tiga obyek wisata yaitu Tebing Breksi, Hutan Pinus Mangunan dan Pantai Parangtritis.

Ternyata Bus Juga Wajib Servis Rutin, Hitungannya Beda dengan Mobil

Kecelakaan terjadi saat bus akan menuju Hutan Pinus Mangunan melewati jalur Jalan Imogiri-Dlingo, Kabupaten Bantul. Setibanya di bawah Bukit Bego, kata Ihsan, sebenarnya bus sudah tidak kuat menanjak.

"Saat sampai di tanjakan Bukit Bego, bus sebenarnya tidak kuat. Penumpang sempat diturunkan. Setelah penumpang turun, bus naik pelan-pelan. Kemudian penumpang naik lagi," ujar Ihsan.

Bey Machmudin: Hormati Proses Hukum Terkait Penetapan Tersangka Sopir Bus Kecelakaan Subang

"Saat sampai turunan, bus yang diduga ada masalah dipengereman ini oleng saat melaju turun. Kemudian karena bus menghantam tebing di sisi utara," lanjut Ihsan.

Bus wisata kecelakaan di Imogiri, Bantul, Yogyakarta

Photo :
  • Instagram @forumwartawanpolri

Meningal Saat di Lokasi dan Evakuasi

Ihsan menuturkan, kecelakaan ini menyebabkan 13 orang yang berada di dalam bus meninggal dunia. Selain itu 44 orang penumpang mengalami luka dari tingkat ringan sampai berat.

"13 orang meninggal dunia dalam kecelakaan. 4 orang meninggal dunia di tempat kejadian. Sementara 9 orang meninggal baik dalam perjalanan maupun saat dirawat di rumah sakit," ucap Ihsan.

"Ada tiga rumah sakit yang menangani yaitu RSUD Panembahan Senopati, RS PKU Muhammadiyah dan RS Nur Hidayat," sambung Ihsan.

Selain melakukan evakuasi terhadap korban, pihaknya juga membuka posko informasi di tiga rumah sakit tersebut untuk memberikan informasi korban kepada keluarganya.

Kepolisian juga sudah melakukan olah TKP di lokasi kecelakaan. Selain itu, sejumlah saksi juga telah dimintai keterangan terkait kecelakaan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya