5 Fakta Desa Wadas Purwerejo yang Dikepung Ribuan Aparat Polisi

Polisi bersenjata siaga di Desa Wadas, Purworejo pada Selasa, 8 Februari 2022
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Desa Wadas yang berada di Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah sempat menghebohkan publik lantaran dikepung ribuan aparat polisi dan sempat terjadi ketegangan antara warga desa dan petugas Badan Pertanahan Nasional (BPN) dalam proses pembebasan dan pengukuran lokasi lahan Proyek Waduk Bener di desa tersebut pada Selasa, 8 Februari 2022 kemarin. 

Target Nilai Proyek Dinaikkan 2024, Mitrarumah Perkuat Pemasaran Produk di Jabodetabek

Pembebasan dan pengukuran lahan di Desa Wadas tersebut memunculkan beberapa fakta-fakta yang perlu diketahui. Berdasarkan informasi yang dikutip dari Viva, berikut ini fakta-fakta dari Desa Wadas yang dikepung aparat untuk mengawal pengukuran lahan yang dilakukan oleh BPN. 

Calon Proyek Waduk Bener

KPK Buka-bukaan Nilai Fantastis Proyek Fiktif Korupsi PT Taspen

Desa Wadas diketahui akan menjadi calon lokasi Proyek Waduk Bener maka dari itu dilakukan pengukuran lahan oleh sekitar 70 petugas BPN. Adapun luas area yang akan dibebaskan untuk pelaksanaan proyek tersebut diketahui mencapai 124 ha. Proyek pembangunan Waduk Bener tercantum dalam Perpres Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Perpres No. 3/2016 tentang Percepatan Pembangunan Proyek Strategis Nasional. 

Lahan mata pencaharian warga Desa Wadas

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Pembebasan lahan yang akan dijadikan sebagai proyek Waduk Bener tersebut sempat ditolak oleh warga desa karena lahan tersebut menjadi sumber kehidupan dan mata pencaharian dari warga yang sebagian besar adalah seorang petani. Sehingga dikhawatirkan pendapatan mereka nantiya akan terancam jika lahan tersebut dialih fungsikan. 

Desa Wadas dikepung polisi

Dalam pengukuran lahan yang akan menjadi proyek Waduk Bener, petugas BPN didampingi oleh 250 petugas gabungan dari TNI, Polri, dan Satpol PP Kabupaten Purworejo guna menghindari terjadinya ketegangan. Aksi pengepungan polisi di Desa Wadas itu juga diduga disertai dengan aksi represif. 

Sejumlah warga diamankan polisi 

Dalam ketegangan yang terjadi antara warga yang pro dan kontra dengan proyek strategis nasional di Desa Wadas tersebut, diketahui sebelumnya polisi telah mengamankan 23 orang yang diduga membawa senjata tajam lalu membawanya ke Polsek Bener. Namun informasi terbaru jumlah warga yang ditangkap oleh aparat kepolisian bertambah totalnya menjadi 64 orang.  

Tindakan represif aparat dikecam

Aksi represif yang dilakukan aparat kepolisian terhadap warga Desa Wadas, Kecamatan Benerm, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah dikecam oleh Majelis Hukum dan HAM (MHH) serta Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Hal itu dikarenakan pengepungan dan penangkapan warga yang dilakukan oleh aparat kepolisian pada warga desa tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya