Ganjar Temui Warga Wadas, Gus Muwafiq: Menunjukkan Tanggung Jawab

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo disambut hangat warga Desa Wadas.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

VIVA – Ulama kondang asal Yogyakarta, KH Ahmad Muwafiq mengapresiasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Gus Muwafiq, sapaannya menyebut tindakan Ganjar yang menemui warga Desa Wadas sebagai bentuk tanggung jawab.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

"Mas Ganjar memang begitu orangnya, caranya mas Ganjar ya begitu itu. Bagus menurut saya. Itu menunjukkan tanggung jawab, tidak cuci tangan dan hanya berada di belakang meja kemudian memantau saja," ujar Gus Muwafiq, dikutip Selasa, 15 Februari 2022.

Gus Muwafiq mengatakan, tindakan seperti itu memerlukan keberanian. Terlebih, Ganjar mendatangi Desa Wadas sendirian tanpa pengawalan khusus.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

"Itu bagus, hanya masalahnya sekarang ini kan situasinya masih memanas. Jadi apapun yang dilakukan mas Ganjar, selalu ditanggapi pro dan kontra," ucapnya.

Lebih lanjut, Gus Muwafiq meminta Ganjar sabar dengan serangan-serangan yang diarahkan padanya terkait konflik di Desa Wadas. Menurut dia, hal itu merupakan risiko seorang pemimpin.

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23

"Artinya, orang kalau sudah jadi pemimpin ya siap menempuh risiko disalahkan atau dibenarkan," kata Gus Muwafiq.

Selain itu, Gus Muwafiq yakin Ganjar bisa menyelesaikan permasalahan di Desa Wadas dengan baik. Dia pun mengaku ingin menyambangi Desa Wadas yang sebagian besar kalangan nahdliyin. 

"Nanti kalau ada kesempatan, saya pasti ke sana untuk mengetahui apasih yang terjadi sesungguhnya. Karena ada yang pro dan kontra, maka harus ada jalan tengah. Insyaallah saya akan datang," tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali mendatangi Desa Wadas, Purworejo pada Minggu, 13 Februari. Kedatanganya disambut ramai oleh warga Wadas dengan nyanyian Yalal Wathon.

Tidak nampak ketegangan sama sekali dalam pertemuan itu, Gubernur Jawa Tengah itu justru mendapat sambut ramah dan hangat warga. Bahkan sejumlah warga juga tersenyum saat disalami Ganjar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya