Ternyata, Emak-emak Jatim Lebih Puas Kinerja Emil daripada Khofifah

Peneliti senior SSC, Surokim Abdussalam, di Surabaya.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Kalangan perempuan di atas 17 tahun atau emak-emak di Jawa Timur disebut puas terhadap kinerja Pemerintah Provinsi Jawa Timur, berdasarkan hasil survei Surabaya Survey Center (SSC). Namun bila dibandingkan mana puas terhadap kinerja Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa atau Wagub Emil Elistianto Dardak, berdasarkan survei itu emak-emak lebih puas kepada Emil.

Sudahi Kegaduhan terkait Pilpres 2024, Elite Politik Diminta Tiru Sikap Prabowo

Survei SSC dilaksanakan pada 01-10 Februari 2022 di 38 kabupaten/kota di Jatim. Sebanyak 1.070 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih tiga persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dari kalangan emak-emak dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.

Emil Dardak

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Peneliti senior SSC, Surokim Abdussalam, menjelaskan bahwa sebanyak 70,7 persen responden puas terhadap kinerja Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak. Bahkan, hasil ini mengungguli kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi yang pada hasil riset menunjukkan angka 70 persen.

“Sementara kepuasan emak-emak Jawa Timur terhadap kinerja Gubernur Khofifah  menunjukkan angka 69,1 persen dan terhadap kinerja Wakil Presiden Ma’ruf Amin hanya mencapai angka 48,2 persen,” ungkapnya dalam keterangan pers kepada wartawan di Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu, 23 Februari 2022.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Surokim lantas merinci hasil surveinya itu. Terhadap kinerja Presiden Jowowi, 70 persen emak-emak menyatakan puas, 14,4 persen menyatakan kurang puas, 9,8 persen menyatakan tidak puas, dan sisanya 5,8 persen Emak-emak Jatim menyatakan tidak tahu/tidak menjawab.

Presiden Jokowi.

Photo :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

“Terhadap kinerja Wakil Presiden Ma’ruf Amin, 48,2  persen emak-emak menyatakan puas, 22,6 persen menyatakan kurang puas, 16,5 persen menyatakan tidak puas, dan sisanya 12,7 persen emak-emak Jatim menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab,” ujar Dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura itu.

Sedangkan terhadap kinerja Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, 69,1  persen emak-emak menyatakan puas, 19,8  persen menyatakan kurang puas, 6,1 persen menyatakan tidak puas, dan sisanya lima persen emak-emak Jatim menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Kemudian, terhadap kinerja Wakil Gubernur Emil dardak, 70,7  persen emak-emak menyatakan puas, 15,3 persen menyatakan kurang puas, 8,2 persen menyatakan tidak puas, dan sisanya 5,8 persen emak-emak Jatim menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

“Data tersebut mengonfermasi, bahwa emak-emak Jawa Timur paling puas dengan kinerja Wagub Emil Dardak dan paling tidak puas dengan kinerja Wapres Ma’ruf Amin,” pungkas Surokim yang juga Dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya