Wagub Jabar Kecam Menag yang Bandingkan Azan dengan Gonggongan Anjing

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, mengecam keras prilaku Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang mengumpamakan suara azan menggunakan toa dengan gonggongan anjing.

Cek Persiapan Akhir Layanan Jemaah Haji, Menag Bertolak ke Arab Saudi

"Tidak elok mentasbihkan azan dengan gonggongan anjing, karena mengganggunya gonggongan anjing dan suara azan akan berbeda di telinga," tegas Uu di Bandung, Kamis, 24 Februari 2022.

hukumadzan

Photo :
  • U-Report
Miris, Umat Muslim di Kota Monfalcone Italia Dilarang Salat Karena Aturan Baru

Turunkan Martabat Agama Islam

Menurutnya, prilaku Yaqut secara tidak langsung menurunkan martabat agama Islam. Sebabnya, lantunan Azan sangat dihormati tidak hanya oleh umat muslim.

6 Kebiasaan Masyarakat Indonesia yang Tidak Boleh Dilakukan di Tanah Suci

"Bahkan banyak orang masuk Islam karena suara azan. Oleh karena itu, Menteri Agama mohon bijaksana dalam membuat statement," katanya.

Serat Edaran Menteri Agama agar Dipertimbangkan Kembali

Uu menilai Surat Edaran Menteri Agama No SE 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di masjid dan musala agar dipertimbangkan kembali.

"Kalau boleh, Kemenag jangan bikin gaduh, karena umat Islam sekarang sedang siap-siap menghadapi bulan Ramadhan," katanya.

"Memang masalah surat edaran pemakaian speaker ada yang setuju, ada yang tidak. Tetapi justru pro kontranya itu yang bikin gaduh dan ramai," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya