Banjir di Serang Mulai Surut, BNPB Siaga Antisipasi Dampak Buruk

Banjir terjadi di Serang, Banten
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan banjir yang melanda sejumlah titik di Kota Serang, Provinsi Banten mulai surut. Setidaknya yang terlihat mulai surut ada di dua kelurahan di Kecamatan Serang.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, genangan mulai surut berada di Kelurahan Lontar Baru dan Kelurahan Serang, Kecamatan Serang.

"Petugas gabungan masih bersiaga untuk mengantisipasi dampak yang lebih buruk," ujar Abdul dilansir dari Antara, Rabu, 2 Maret 2022.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Banjir di Kota Serang

Photo :
  • VIVA / Yandi Deslatama (Serang)

Data sementara, 1.333 KK terdampak banjir yang terjadi setelah hujan lebat mengguyur kawasan kecamatan.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Badan Penanggulangan Bencama Daerah (BPBD) Kota Serang mengidentifikasi wilayah terdampak yaitu tersebar pada delapan kelurahan di tiga kecamatan. Kelurahan tersebut yaitu Kelurahan Lontar Baru, Serang, Kagungan dan Kota Baru di Kecamatan Serang, Kelurahan Kasemen, Terumbu dan Kasunyatan di Kecamatan Kasemen serta Kelurahan Drangong di Kecamatan Taktakan.

Abdul juga mengatakan belum ada laporan terkait korban jiwa akibat peristiwa ini. Pihak BPBD yang dibantu pihak kelurahan dan kecamatan masih melakukan pendataan terkait warga yang mengungsi. Petugas gabungan BPBD yang dibantu TNI, Polri dan relawan memfokuskan pada upaya penyelamatan dan evakuasi warga terdampak banjir.

BNPB mencatat Kota Serang termasuk wilayah dengan potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Kajian inaRISK mencatat 6 kecamatan berada pada bahaya dengan kategori tersebut, salah satunya kecamatan yang saat ini terdampak banjir.

Kelima kecamatan dengan potensi bahaya banjir yaitu Kecamatan Curug, Walantaka, Cipocok Jaya, Taktakan dan Kasemen.

Meskipun sudah melewati puncak musim hujan, warga diharapkan tetap waspada terhadap hujan intensitas tinggi yang masih bisa terjadi di awal Maret ini.

Menyikapi prakiraan cuaca dua hari ke depan, BNPB mengimbau pemerintah dan warga tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya banjir susulan. Prakiraan pada esok hari dan lusa (3/3), wilayah Kecamatan Serang masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan.

BNPB telah memonitor dan melakukan koordinasi dengan BPBD Provinsi Banten terkait bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di provinsi tersebut. Apabila warga harus melakukan evakuasi ke tempat pengungsian sementara, pastikan protokol kesehatan untuk menghindari terpapar COVID-19. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya