Macan Tutul Jawa yang Diselamatkan Gembira Loka Akan Dilepasliarkan

Seekor macan tutul jawa koleksi Gembira Loka Zoo, Yogyakarta, akan dilepasliarkan di Taman Nasional Gunung Ciremai setelah dirawat di kebun binatang itu sejak tahun 2019.
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Seekor macan tutul jawa koleksi Gembira Loka Zoo Yogyakarta dijadwalkan dilepasliarkan di Taman Nasional Gunung Ciremai, provinsi Jawa Barat, pada Sabtu, 5 Maret 2022.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Juru bicara Gembira Loka Zoo Fahmi Ramadhan mengatakan satwa liar bernama latin Panthera Pardus Melas itu diselamatkan oleh petugasnya pada 2019. Macan tutul jawa ditetapkan sebagai satwa prioritas endemik Indonesia yang terancam punah.

Gembira Loka Zoo, katanya, bekerjasama dengan Taman Nasional Gunung Ciremai, Polisi Hutan, Sintas, Universitas Kuningan, dan Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga dalam pelepasliaran macan tutul jawa itu.

Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya

"Kami pilih lokasi pelepasliaran di Taman Nasional Gunung Ciremai karena hutan ini dinilai sebagai kawasan pelestarian alam yang bisa memberikan ruang bagi sumber daya hayati untuk hidup dan berkembang biak," kata Fahmi dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 2 Maret 2022.

Kebun Binatang Gembira Loka, Yogyakarta

Photo :
  • VIVA.co.id/Daru Waskita (Yogyakarta)
Asia Tenggara Bisa Jadi Pemimpin Industri Kripto Dunia, Begini Penjelasannya

"Macan tutul ini salah satu komponen yang berperan penting dalam keseimbangan ekosistem, yakni sebagai top predator atau pemangsa tertinggi dalam rantai makanan ekosistem yang memiliki pengaruh besar terjadinya keseimbangan ekosistem," imbuhnya.

Guna mendukung pelepasliaran ini, Gembira Loka Zoo telah melakukan sejumlah persiapan, di antaranya membantu donasi perbaikan kandang habituasi, kandang jebak, dan kandang angkut.

Tim juga memasang lima kamera pemantau (CCTV) sekaligus televisi monitor untuk observasi selama 24 jam nonstop satwa saat habituasi. Dikerahkan juga tiga orang penjaga satwa yang bertugas secara bergantian di Taman Nasional Gunung Ciremai sejak 30 Januari 2022 hingga sekarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya