7 Negara Paling Beragam di Asia, Indonesia Nomor Segini

Seniman membawa gebogan dalam Karnaval Budaya Bali di kawasan Nusa Dua, Bali
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Afriadi Hikmal

VIVA Lifestyle  – Menyebutkan negara yang paling beragam di Asia bisa menjadi subjektif karena berbagai faktor seperti keberagaman etnis, budaya, agama, dan bahasa bisa menjadi pertimbangan. Namun, beberapa negara di Asia dikenal karena keberagaman mereka yang mencolok. Dikutip dari Insider Monkey, ini daftar negara Asia paling beragam.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

7. Iran - Fraksionalisasi Etnis (74%)

Warga Iran nobar laga Iran Vs AS di Pusat Kebudayaan Tehran, Iran.

Photo :
  • AP Photo/Vahid Salemi
Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Iran adalah salah satu negara paling beragam di Asia. Meskipun kelompok etnis utama di Iran terdiri dari orang-orang berbahasa Persia, mereka umumnya memiliki keturunan campuran. Beberapa minoritas di negara ini termasuk Kurdi dan Baloch. Sebagian kecil warga Afghanistan juga tinggal di negara tersebut.

6. Pakistan - Fraksionalisasi Etnis (75%)

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Meskipun kelompok etnis yang paling dominan di Pakistan adalah Punjabi, negara ini memiliki banyak etnis lain sebagai minoritas yang signifikan. Negara ini merupakan negara dengan mayoritas etnis minoritas karena lebih dari separuh penduduknya terdiri dari etnis minoritas. Pashtun adalah etnis minoritas terbesar, diikuti oleh Sindhi, Saraiki, dan Baloch. Selain itu, ada banyak subkelompok dalam etnisnya yang menganggap dirinya berbeda secara etnis. Punjabi, misalnya, antara lain meliputi Arains, Jats, dan Rajputs.

5. Afganistan - Fraksionalisasi Etnis (76%)

Afghanistan adalah salah satu dari lima negara paling beragam di Asia. Meskipun Pashtun merupakan mayoritas di negara ini, Tajik, Hazara, Uzbek, dan Baloch adalah minoritas yang signifikan. Namun, penting untuk dicatat bahwa negara tersebut belum melakukan sensus sejak tahun 1979. Jadi, komposisi etnis sebenarnya di negara tersebut mungkin telah berubah.

4. Kuwait - Fraksionalisasi Etnis (77%)

Kuwait berada di urutan keempat dalam daftar 20 negara paling beragam di Asia. Meskipun lebih dari 57% penduduknya adalah orang Arab, etnis minoritas di negara ini mencakup orang Afrika dan orang-orang dari wilayah lain di Asia. Menarik untuk dicatat bahwa kurang dari separuh penduduk Arabnya berasal dari Jazirah Arab.

3. Indonesia - Fraksionalisasi Etnis (80%)

Ragam Tradisi Masyarakat Indonesia Menyambut Lebaran Ketupat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Dengan fraksionalisasi etnis sebesar 80%, Indonesia adalah salah satu dari 3 negara paling beragam di Asia. Indonesia juga merupakan negara yang beretnis mayoritas-minoritas, dengan 40% penduduknya adalah orang Jawa. Orang Jawa adalah kelompok etnis asli Pulau Jawa, Indonesia. Kelompok etnis lain di negara ini termasuk Sudan dan Melayu.

2. Filipina - Fraksionalisasi Etnis (81%)

Filipina adalah negara paling beragam kedua di Asia. Meskipun istilah orang Filipina sering disebut sebagai satu etnis, istilah ini merupakan istilah umum untuk penduduk asli Filipina. Negara ini memiliki lebih dari 182 kelompok etnolinguistik, dan Tagalog adalah etnis terbesar.

1. Nepal - Fraksionalisasi Etnis (86%)

Dengan fraksionalisasi etnis sebesar 86%, Nepal berada di puncak daftar 20 negara paling beragam di Asia. Permukiman awal di negara ini dibentuk oleh migrasi besar-besaran orang Asia dari Tibet dan orang Indo-Arya dari India utara. Ini adalah negara etnis mayoritas-minoritas dengan lebih dari 41% populasinya terdiri dari etnis yang sangat kecil. Kelompok etnis terbesar, Chhetri, berjumlah kurang dari 17% populasinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya