Tanwir II Pemuda Muhammadiyah Fokus Tuntaskan Persoalan Bangsa

Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Cak Nanto di Tanwir II, Jambi
Sumber :
  • Pemuda Muhammadiyah

VIVA – Tanwir II Pemuda Muhammadiyah, resmi digelar di Jambi. Presiden Joko Widodo, turut memberikan sambutannya, Jumat 4 Maret 2022.

Sekjen PDIP Yakin Masih Ada Hakim MK yang Punya Sikap Negarawan

Tanwir adalah forum musyawarah tertinggi kedua di organisasi Pemuda Muhammadiyah, setelah Muktamar. Pada Tanwir mengangkat tema “Gerakan Pemuda Negarawan”.

Bertempat di Ratu Convention Center Jambi, dalam sambutannya Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih karena Pemuda Muhammadiyah juga ikut berikhtiar dalam melawan pandemi COVID-19. Ia mendorong untuk melakukan lompatan untuk kemajuan bangsa dan negara.

UII Tegaskan Pernyataan Sikap Indonesia Darurat Kenegarawanan, Kritik Sikap Jokowi di Pemilu 2024

“Saya mengajak Pemuda Muhammadiyah dengan semangat amar makruf nahi munkar bukan hanya menjawab dan memberikan solusi bagi problematika masyarakat hari ini, tapi juga bersama-sama membangun fondasi bagi Indonesia masa depan,” kata Presiden Jokowi.

Perlu dipersiapkan untuk kader-kader Pemuda Muhammadiyah, dalam menghadapi tantangan dan perubahan yang terus terjadi. Maka dibutuhkan sumber daya manusia yang adaptif dan cepat melakukan lompatan perubahan.

Salaman dengan Anies di KPK, TKN: Prabowo Negarawan, Tak Pendendam

“Pemuda Muhammadiyah harus menyiapkan diri untuk mengantisipasi masa depan, menyiapkan kader-kader yang unggul, lincah dan adaptif dengan perkembangan teknologi. Mampu beradaptasi cepat dengan emerging knowledge, emerging skills, dan emerging jobs. Tapi tetap memiliki akar kepedulian yang tinggi terhadap masalah-masalah keumatan, kemasyarakatan dan kebangsaan,” jelas Presiden.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi optimis terhadap kader Pemuda Muhammadiyah. Apalagi, organisasi otonom Persyarikatan Muhammadiyah itu, tersebar di selurh pelosok Tanah Air.

“Saya yakin, kader-kader Pemuda Muhammadiyah yang tersebar di seluruh penjuru tanah air menjadi garda terdepan dalam perubahan masyarakat. Ikut terlibat dalam meletakkan fondasi transformasi bangsa serta menjadi pionir untuk mewujudkan Indonesia Maju. Indonesia yang berkemajuan,” pungkasnya.

Pemuda Negarawan, Kebutuhan Bangsa Saat Ini

Dalam sambutannya, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Sunanto menegaskan memiliki tugas untuk turut membina dan menggerakkan potensi pemuda Islam untuk menjadi negarawan.

“Selain membina Pemuda Islam, Pemuda Muhammadiyah memiliki mandat untuk memastikan nasib bangsa berada dalam kondisi yang baik. Memberikan energi positifnya bagi kebaikan agama, umat, bangsa dan negara,” ujar pria yang akrab disapa Cak Nanto.

Dikatakannya, musyawarah di Tanwir II ini sekaligus merumuskan agenda strategis dan solutif yang terbaik untuk mengaktualisasikan potensi para pemuda. Tujuannya adalah membangun pemuda yang memiliki jiwa negarawan sejati, yang hadir di tengah-tengah masyarakat untuk kepentingan semua.

Menurutnya ini perlu dilakukan Pemuda Muhammadiyah, agar tidak terjebak pada kontra-produktivitas krisis kebangsaan. Dengan mencuatnya pengerasan politik identitas, paham ghuluw (takfir), dan egosentrisme kelompok.

“Indonesia bukanlah harga mati, tapi harga hidup yang harus terus kita perjuangkan dan kita bangun,” katanya.

“Di usia Pemuda Muhammadiyah ke-89 tahun ini, saya mengajak seluruh kader Pemuda Muhammadiyah untuk menggeser fokus gerakan pada penguatan ekonomi dan menjadikan Pemuda Muhammadiyah sebagai subjek solusi masalah ekonomi bangsa,” pungkas Cak Nanto.

Seperti diketahui, Tanwir II Pemuda Muhammadiyah diikuti 150 peserta dari 34 provinsi di Indonesia. Sambutan juga disampaikan oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti melalui zoom.

Acara dihadiri langsung oleh Kabaintelkam Polri Komjen Pol Drs.H.Ahmad Dofiri, Gubernur Jambi Al Haris, unsur Forkopimda Provinsi Jambi, Ketua PW Muhammadiyah Provinsi Jambi H. Suhaimi Chan.

"Mudahan-mudahan Tanwir ini melahirkan negarawan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara," harap Gubernur Jambi, Al Haris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya