Gibran Diswab PCR Lagi, Demi Bisa Dampingi Kunker Jokowi ke Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Wali Kota Solo kembali menjalani tes swab polymerase chain reaction (PCR) setelah dinyatakan positif COVID-19 sejak Jumat, 4 Maret 2022. Putra sulung Presiden Jokowi itu saat ini masih menjalani isolasi mandiri di rumah dinas wali kota, Loji Gandrung, Solo.

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa mengatakan kondisi Gibran selama lima hari menjalani isolasi mandiri di Loji Gandrung menunjukkan kondisi yang semakin membaik. Pada hari ini suami Selvi Ananda juga dijadwalkan melakukan tes PCR untuk mengetahui kondisinya apakah masih terpapar virus Corona atau telah negatif.

"Hari ini dilakukan tes PCR oleh petugas medis dari RS Bung Karno. Bila mana hasilnya negatif maka disarankan oleh dokter istirahat dua hari baru boleh beraktivitas," kata dia saat ditemui di ruang kerjanya di Balai Kota Solo, Selasa, 8 Maret 2022.

Jika nantinya hasilnya negatif, lanjut Teguh, Gibran dipastikan bisa ikut mendampingi kunjungan kerja Presiden Jokowi di UNS dalam rangka Dies Natalis ke-46 pada Jumat, 11 Maret 2022. Hanya saja jika ternyata hasil tes swab PCR yang dilakukan hari ini kembali positif maka ia harus kembali melanjutkan isolasi mandiri.

"Tetapi kalau hasilnya positif maka hari ke-10 akan dilakukan lagi tes PCR," ucapnya.

Meskipun Gibran masih menjalani isolasi mandiri, namun Teguh memastikan jika ayah Jan Ethes itu tetap melaksanakan tugasnya sebagai Wali Kota Solo dengan melakukan koordinasi kepada sejumlah OPD di lingkungan Pemkot Solo.  

"Beliau sudah telepon-teleponan langsung dengan teman-teman OPD melaksanakan tugas-tugas yang mendesak untuk segera diselesaikan," ucapnya. 

Seperti diketahui, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kembali terinfeksi COVID-19. Kini putra sulung Presiden Jokowi itu harus menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah dinas Loji Gandrung Solo yang dilakukan sejak Jumat, 4 Maret 2022. 

Gibran mulai tidak terlihat menghadiri sejumlah agenda yang dijadwalkan dihadiri wali kota itu sejak Jumat lalu. Padahal berdasarkan agenda kegiatan yang dibagikan oleh protokol Pemerintah Kota (Pemkot) Solo seharusnya wali kota menghadiri sejulah agenda pada hari Jumat lalu, namun ternyata dia tidak hadir. 

Selanjutnya ketidakhadiran orang nomor satu di Solo itu didisposisikan kepada Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa. Bahkan setelah itu agenda kegiatan wali kota kosong mulai Sabtu hingga Minggu.  

Kecurigaan pun mulai tampak, hingga akhirnya Gibran pada Minggu malam melalui pesan instan di grup WhatsApp media mengabarkan jika dirinya terkonfirmasi positif virus Corona. “Ya positif,” tulisnya pada Minggu malam, 6 Maret 2022.

Seperti diketahui Gibran positif COVID-19 kali ini bukan yang pertama kalinya. Gibran juga sempat tekonfirmasi positif virus Corona pada pertengahan bulan Juli tahun lalu. Kini ia juga menjalani isoman di tempat yang sama ketika positif dahulu yakni di rumah dinas wali kota, Loji Gandrung, Solo.