Kakorlantas Cek Kesiapan Arus Mudik Lebaran 2022, Ini Hasilnya

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi di Bundaran Waru sisi Surabaya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Firman Shantyabudi mengecek langsung kesiapan arus mudik dan balik di Tol Cikampek.

Menhub Klaim Kepuasan Pemudik Capai 89 Persen pada Periode Mudik Lebaran 2024

Hal ini guna mengecek kesiapan fisik jalan tol sebelum digunakan para pemudik setelah diizinkan oleh pemerintah. Pengecekan khususnya dilakukan di KM 45, KM 47, KM 69, KM 70.

"Persiapan fisik jalan tol khususnya dan tentunya arteri kita kerjakan lagi setelah ini untuk memastikan nanti cara-cara bertindak apa yang akan kita siapkan buat melayani masyarakat yang akan mudik," ujar dia kepada wartawan, Rabu, 30 Maret 2022. 

Evaluasi Mudik 2024, Muhadjir Ungkap Sejumlah Catatan dari Jokowi

Gerbang tol Cikampek Utama I

Photo :
  • Jasa Marga

Masyarakat diyakini banyak yang mudik ke kampung halaman pada tahun ini. Jumlah volume kendaraan di jalan tol dan arteri diprediksi akan tinggi.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Diproyeksi Tumbuh 5,15 Persen, Pemilu hingga Ramadhan Jadi Pendorong

"Jadi nanti kita semua bekerja tentu berdasarkan situasi di lapangan. Kami akan siapkan langkah antisipasi tingginya arus mudik seperti manajemen peningkatan kapasitas jalan yaitu menambah ruas jalur yang akan digunakan," katanya.

Untuk itu, pihaknya pun menyiapkan skema contraflow hingga one way bila terjadi kemacetan yang panjang saat arus mudik maupun arus balik. Skema itu akan diterapkan di empat titik di Tol Cikampek tersebut.

"Jadi ini sekali lagi untuk menambah kapasitas volume jalan untuk bisa dilalui tapi ini baru persiapan-persiapan dimana keluar masuknya, bagaimana pengaturan di pintu tol, semua akan kita cek," ujarnya.

Bukan cuma KM 45-70, Jalan Tol Cikampek Selatan (Entrance Sadang) turut dilakukan pengecekan. Jalur ini diharapkan bisa memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan jika telah beroperasi penuh. 

"Besar harapan kami tentunya persiapan ini dari semua aspek, fasilitas sarpras jalan, kemudian para petugas yang akan kita tempatkan, dan yang lebih penting lagi masyarakat yang akan kita layani juga nanti untuk kerja sama dengan apa yang harus kita terapkan untuk kelancaran arus mudik," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya