Erick Thohir Terdepan Perjuangkan Reog Ponorogo Diakui UNESCO

Menteri BUMN Erick Thohir bersama seniman Reog
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri BUMN, Erick Thohir terdepan memperjuangkan kesenian dan kebudayaan Reog Ponorogo sebagai warisan tak benda (Intangible cultural heritage) milik bangsa Indonesia melalui United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Bahkan Erick Thohir turun langsung menemui seniman Reog Ponorogo berdialog bersama seniman di Bantarangin. 

MUI Ajak Masyarakat Doakan Timnas Indonesia: Juara Piala Asia U-23 dan Lolos Olimpiade

“Saya Erick Thohir, Menteri BUMN RI, mendukung penuh agar reog Ponorogo ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda UNESCO,”  ujar Erick dalam keterangannya, Selasa 12 April 2022.

Kesenian Reog Ponorogo (Foto ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Erick mengambil langkah konkret agar Reog Ponorogo diakui dunia dengan tegas menyatakan komitmen dalam setiap kesempatan. Erick juga membuat kampanye dukung Reog Ponorogo yang lahir dari Bumi Ponorogo. 

“Reog Ponorogo merupakan budaya asli Jawa Timur, khususnya dari Kabupaten Ponorogo yang merupakan kebanggan kita semua bangsa Indonesia. Kita tentunya tidak ingin jika kekayaan budaya kita diakui oleh bangsa lain," ungkapnya. 

Duet Anindya Bakrie dan Erick Thohir Bawa Oxford United Sabet Tiket Playoff

Erick berharap upaya mendukung reog Ponorogo jadi  warisan tak benda UNESCO didukung seluruh masyarakat Indonesia. Masyarakat juga diimabu untuk bisa menjaga budaya Indonesia agar tak hilang, bahkan diklaim negara lain. 

"Maka penting bagi kita untuk menjaga kelestarian dan regenerasinya, bukan hanya bagi rakyat ponorogo namun bagi seluruh anak bangsa Indonesia,” kata dia.

Pernyataan anggota Kehormatan Banser ini kemudian mendapatkan dukungan dari tokoh Reog Ponorogo Hari Purnomo atau karib disapa sebagai Mbah Pur Warok Gendeng. 

Mbah Pur berharap Erick Thohir berkomitmen penuh dan menjadi terdepan untuk memperjuangkan kesenian dan kebudayaan Reog Ponorogo hingga mendapat pengakuan dunia. Mengingat, Eks Presiden Inter Milan ini memiliki kemampuan diplomasi dan negosiasi yang tinggi di pentas internasional. 

“Kita betul-betul membutuhkan figur seperti Pak Erick Thohir, yang betul-betul mau terjun, turun langsung ke masyarakat bukan hanya mendengar kabar. Pak Erick Thohir adalah satu-satunya pejabat RI pusat yang hadir langsung ke Monumen Bantarangin,” ucap dia.

Terbukti, pemerintah Indonesia berkali-kali mengandalkan Erick Thohir untuk melakukan diplomasi luar negeri saat Indonesia membutuhkan vaksin covid-19 dari negara-negara luar dan terkait G20 serta ekonomi negara. Apalagi, Mbah Pur mengatakan komitmen Erick Thohir untuk menjadi yang terdepan dalam memperjuangkan Reog Ponorogo terwujud nyata ketika menyambangi Monumen Bantarangin. 

Monumen Bantarangin merupakan tanah kelahiran dari kesenian dan kebudayaan Reog Ponorogo yang berlokasi di Kabupaten Ponorogo. 

“Semua seniman reog betul-betul terenyuh atas kehadiran Bapak Erick Thohir di Monumen Bantarangin. Memang belia sangat merakyat dan persaudaraan beliau kepada masyarakat sangat luar biasa walaupun dia sebagai pejabat RI,” tutur Mbah Pur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya