Logo BBC

Empat Gubernur Disomasi, Diharapkan Pulihkan Pencemaran sungai di Jawa

Warga mengamati sampah yang menumpuk di Sungai Citarum Lama, Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (30/12/2018). ANTARAFOTO/Raisan Al Faris/BBC Indonesia
Warga mengamati sampah yang menumpuk di Sungai Citarum Lama, Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (30/12/2018). ANTARAFOTO/Raisan Al Faris/BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Langkah tiga lembaga pemerhati lingkungan melayangkan somasi kepada empat gubernur di Pulau Jawa atas pencemaran sungai diharapkan bisa mengubah kualitas air minum yang dikonsumsi jutaan orang di Indonesia agar lebih sehat, kata peneliti.

Ada empat gubernur yang jadi target somasi, yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan DKI Jakarta.

Dari empat gubernur yang disomasi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan sudah merespons, dan mengambil langkah peringatan serta pemanggilan pabrik yang melakukan pencemaran air sungai Bengawan Solo.

 

mikroplastik
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Sejumlah peserta mengikuti susur sungai di Sungai Ciliwung, Saung Bambon, Jakarta Selatan, Selasa (9/11/2021).

 

Saat matahari bersinar terik pada Rabu (13/04), pendiri LSM lingkungan Ecoton, Daru Setyorini mengambil sampel air Sungai Ciliwung di Jakarta.

Kegiatan itu dia lakukan untuk mengetahui apakah sungai tersebut punya kandungan mikroplastik. "Kami akan menguji kadar fisika-kimia air, selain mengambil mikroplastik," katanya kepada BBC News Indonesia.

Pengumpulan sampel air ini akan dijadikan dasar untuk melayangkan somasi kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Sebelumnya, lembaga ini bersama Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) dan Aliansi Zero Waste Indonesia (AZWI) juga melayangkan langkah hukum serupa kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.