Polda Jatim Umumkan Temuan Labfor dalam Kebakaran Tunjungan Plaza

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Dirmanto dan Kepala Bidang Laboratorium Forensik Polda Jawa Timur Kombes Pol Shodiq Pratomo, Kamis, 14 April 2022, memberikan keterangan pers tentang hasil penyelidikan kebakaran Tunjungan Plaza 5 Surabaya.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Tim Laboratorium Forensik Kepolisian Daerah Jawa Timur melakukan investigasi pada peristiwa kebakaran yang melanda Tunjungan Plaza 5 Surabaya pada Rabu, 13 April 2022. Tujuh jam melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), tim mengumpulkan barang bukti untuk dianalisis untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Kepala Bidang Labfor Polda Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Shodiq Pratomo mengatakan, berdasarkan olah TKP, kebakaran terjadi di Lantai 4, 5, 10, dan Lantai 11 TP5. “Kemudian kita telusuri dan kita temukan awal api kebakaran berasal dari lantai 10,” katanya di Gedung Labfor Polda Jawa Timur di Surabaya, Kamis malam, 14 April 2022.

Dia menambahkan, titik awal api diduga muncul di plafon di teras bioskop di Lantai 10. Dari situ api kemudian merambat ke lantai yang lain. Shodiq belum bisa memastikan apa penyebab munculnya api. Kepastian itu baru bisa diketahui dari hasil analisis yang dilakukan tim dari barang bukti yang dikumpulkan.

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Tunjungan Plaza Surabaya kebakaran.

Photo :
  • Istimewa

“Mudah-mudahan tiga sampau empat hari ke depan bisa menyampaikan [hasil analisis Labfor Polda Jawa Timur]. [Yang jelas titik api] Dari luar gedung bioskop di luar teras. Barang bukti yang kami bawa itu sisa abu kebakaran, kemudian ada kabel dan ada bekas lampu,” ujarnya.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Di bagian lain, Manajemen Tunjungan Plaza memastikan bahwa pusat perbelanjaan yang ada di sepanjang Jalan Embong Malang Surabaya itu tetap buka seperti biasa. Kecuali TP5 yang terbakar, TP1, 2, 3, 4, dan TP6 tetap beroperasi. "Tunjungan Plaza buka seperti biasa,” kata Direktur Marketing Pakuwon Group, Sutandi Purnomosidi, kepada wartawan.

Kebakaran hebat melanda pusat perbelanjaan yang ada di pusat Kota Surabaya, Tunjungan Plaza 5, pada Rabu petang, 13 April 2022. Kendati cukup besar, belum diketahui pasti penyebab kebakaran itu dan ada atau tidaknya korban.

Berdasarkan video yang tersebar di jejaring grup WhatsApp, api mulanya berkobar di bagian atas tepat di samping gedung SOGO. Tak lama kemudian, dari bagian luar gedung, api menjalar cepat ke bawah, mengikuti guguran material yang hangus dilalap api. Berdasarkan video yang VIVA peroleh dari warga bernama Budi Mulyono, dari kejauhan asap hitam membubung dari TP5.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya