Begini Suasana Buka Puasa di Rutan Kelas IIB Serang

Suasana buka puasa bersama di Rutan Kelas IIB Serang.
Sumber :
  • Dokumentasi Rutan Kelas IIB Serang.

VIVA – Ada suasana berbeda di dalam Rutan Kelas IIB Serang, 350 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) menggelar buka puasa bersama dengan pegawai rutan dan Kanwil Kemenkumham Banten. Sembari menunggu waktu berbuka puasa, mereka mendapatkan tausiyah dari ulama di Kota Serang, Banten.

KPK Pecat 66 Pegawai yang Terlibat Pungli Rutan

"Setidaknya ada lima amalan utama di bulan Ramadhan yang bisa kita lakukan setiap harinya, yaitu tadarus Alquran, memperbanyak doa kebaikan, memperbanyak sedekah, memberi makan orang yang berpuasa dan memperbanyak salat malam," kata KH. Islahudin, dalam tausiyahnya di Rutan Kelas IIB Serang, Rabu, 20 April 2022.

Usai mendapatkan tausiyah sekitar satu jam, para WBP yang beragama muslim di ajak berzikir, menyebut asma Allah hingga azan Magrib tiba, yang dipimpin oleh KH. Tubagus (Tb) Ahmad Syadzili Wasi.

KPK Eksekusi Sanksi Etik Eks Karutan Achmad Fauzi soal Kasus Pungli

Suasana buka puasa bersama di Rutan Kelas IIB Serang.

Photo :
  • Dokumentasi Rutan Kelas IIB Serang

Setiap manusia yang pernah melakukan kesalahan, pasti bisa bertaubat dan berbuat kebaikan kedepannya jika bersungguh-sungguh untuk merubah dirinya. Hal ini terlihat dari 11 WBP yang mampu khatam Alquran meski di balik jeruji besi, menunjukkan setiap manusia bisa berubah menjadi ke arah yang lebih baik.

Eks Karutan KPK Achmad Fauzi Ajukan Praperadilan, KPK: Kami Tentu Siap Hadapi

"Ada 11 orang yang khatam Alquran sampai empat kali. Kita sengaja mengadakan safari Ramadhan di dalam Rutan," kata Kepala Rutan Kelas IIB Serang, Dody Naksabani, Rabu, 20 April 2022.

Petugas pemasyarakatan berharap seluruh WBP bisa berubah menjadi lebih baik usai menghuni rutan, menjadi alumni yang bisa berbuat lebih baik lagi untuk keluarga, agama dan masyarakat.

Kegiatan Ramadhan di balik jeruji besi, lebih banyak di isi dengan kegiatan keagamaan. Karena agama merupakan pondasi awal dalam kehidupan.

"Di bulan suci Ramadhan ini, alangkah baiknya kita mempererat tali persaudaraan dan memperkuat iman kita. Maka dari itu, mari kita mengikuti kegiatan ini dengan bersungguh-sungguh dengan hati yang ikhlas," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Banten, Masjuno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya