Harta Karun 2 Miliar Ton Emas-Tembaga Ditemukan di NTB

Ilustrasi Emas Batangan.
Sumber :
  • Foto ANTARA

VIVA – Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki sumber harta karun baru. Itu setelah PT Sumbawa Timur Mining (STM) menemukan potensi sumber daya mineral tertunjuk tembaga dan emas sebesar 1,1 miliar ton dan potensi sumber daya mineral tereka sebesar 1 miliar ton tembaga dan emas.

Pedagang Emas Dirampok, Suami Tewas dan Istri Terluka

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi NTB, Zainal Abidin, mengatakan saat ini Pemprov NTB dan PT STM melakukan perapatan untuk menghitung cadangan terekam atau jumlah kandungan tembaga dan emas.

"Ada proses mulai ekplorasi, menghitung cadangan terukur, perapatan untuk menghitung cadangan terekam, kemudian nanti akan dilakukan kajian tambang," ujarnya, Sabtu, 23 April 2022.

Penyebab Laba Bersih Amman Mineral Internasional Turun 27 Persen di Q1-2024

Usai kajian tambang, baru kemudian akan dilakukan proses eksploitasi untuk mengambil tembaga dan emas.

Tidak Hanya Mineral

Harga Emas Hari Ini 3 Mei 2024: Global Merosot, Antam Anjlok

Proses eksplorasi yang dilakukan PT STM tidak hanya untuk menemukan mineral, tetapi juga panas bumi. Kementerian ESDM menugaskan PT STM untuk menemukan potensi panas bumi di Kabupaten Dompu.

"Mereka juga akan eksplorasi panas bumi, mereka ditugaskan Kementerian ESDM untuk eksplorasi panas bumi, tidak hanya mineral," katanya.

Masih Bertambah

Jumlah kandungan sumber daya alam tersebut baru ditemukan pada satu blok dari dua blok di blok Onto, Kecamatan Hu'u. Kemungkinan jumlah kandungan mineral akan meningkat jika eksplorasi blok lainnya telah selesai.

"Mereka (PT STM) akan menambah beberapa titik eksplorasi. Baru satu blok dari dua blok yang dieksplorasi. Kita berharap lebih besar dari AMNT (Newmont)," ujarnya.

Zainal Abidin mengatakan, jika blok Onto dieksplorasi, maka tidak hanya meningkatkan hajat hidup masyarakat NTB, tetapi menjadi sumber kekayaan baru Indonesia.

Baca juga: Petani Temukan Harta Karun Senilai Rp1,8 Miliar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya