Bus Ngaret Gegara One Way, Ratusan Pemudik Terlantar di Terminal Kudus

Kondisi penumpang bus yang terlantar di terminal Kudus, Jawa Tengah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA – Ratusan pemudik jurusan Jakarta dan sekitarnya telantar di Terminal Induk Jati Kudus, Jawa Tengah. Hal ini dipicu karena bus yang datang telat dari Jakarta pada Sabtu, 7 Mei 2022.

Bus Rombongan Apdesi Kabupaten Serang Terguling di Tol Tangerang-Merak

Pun, imbas bus ngaret datang dari Jakarta, akhirnya ratusan penumpang tujuan Jakarta dan sekitarnya menunggu di Terminal Induk Jati Kudus. Mereka terlantar menunggu kepastian berangkat.

Salah seorang calon penumpang tujuan Karawang, Haqi mengatakan, menunggu bus sejak pukul 18.00 WIB. Namun, hingga pukul 23.00 WIB belum juga berangkat.

Mengemudikan Bus Double Decker Tidak Bisa Asal, Ini Kata Pakar

Dia mengaku dari informasi yang diketahui, bus dari Jakarta terjebak macet akibat sistem one way atau satu arah arus balik Lebaran. Kondisi itu membuat bus dari Jakarta yang mengangkut penumpang tujuan Kudus terpaksa melewati jalur kota.

Namun, kata dia, informasi dari agen bus, jalur kota padat kendaraan. Kepadatan arus itu membuat perjalanan dari Jakarta ke Kudus yang seharusnya tujuh hingga delapan jam, molor hingga beberapa jam.

Sopir Ugal-ugalan, Bus Angkut Puluhan Penumpang Terguling di Lombok Timur

"Padahal, saya balik ke Jakarta lebih awal untuk menghadiri acara pada Minggu siang," kata Haqi dikutip dari Antara, Minggu, 8 Mei 2022.

Sementara, penjual tiket bus jurusan Kudus-Jakarta, Edi, mengaku ada sekitar 10 bus dari satu perusahaan otobus (PO) yang datang terlambat akibat terdampak sistem one way.

Menurut dia, sebagian keberangkatan ke Jakarta menggunakan bus yang memang sudah ada di Jepara, sehingga bisa tepat waktu. "Sedangkan yang menggunakan bus dari Jakarta tentu terdampak karena ada yang menunggu sejak sore hari hingga pukul 22.30 WIB," katanya.

Dia mengatakan, karena masih ada bus yang terjebak kemacetan, maka PO Bus Bejeu menyiapkan bus cadangan untuk mengangkut penumpang dari Terminal Induk Jati Kudus menuju Weleri Kendal.

"Nantinya, sampai di Weleri akan diangkut dengan bus malam yang dari Jakarta, sehingga mereka tidak perlu menunggu terlalu lama di Terminal Kudus," ujarnya.

Edi bilang normalnya bus dari Jakarta tiba di Kudus Sabtu, 7 Mei 2022 sekitar pukul 03.00 WIB. Namun, hingga Sabtu malam belum juga tiba di Kudus.

Adapun merujuk jadwal keberangkatan dari Kudus, ada yang mulai pukul 19.00 WIB. Dengan jadwal itu, pemudik diharapkan tiba pukul 03.00 WIB di Jakarta. (Ant) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya