Simak Profil Akmal Malik, PJ Gubernur Sulbar yang Baru Dilantk

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Akmal Malik.
Sumber :
  • VIVAnews/M Ali Wafa

VIVA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan melantik lima Pejabat Kepala Daerah pada Kamis, 12 Mei 2022 hari ini. 

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Salah satu nama yang tidak asing adalah nama dari Dirjen Otonomi Daerah Mendagri, yaitu Akmal Malik yang akan ditunjuk sebagai PJ Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar). Akmal Malik sendiri akan menggantikan posisi Ali Baal Masdar dan Enny Angraeni Anwar yang sudah selesai masa jabatannya.

Siapakah sosok Akmal Malik? Berikut profilnya :

In Memoriam: Prestasi Gemilang Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu

Dirjen Otonomi Daerah Akmal Malik

Photo :
  • VIVAnews/M Ali Wafa

Lahir di Pulau Punjung, Dharmasraya, Sumatera Barat pada 16 Maret 1970, Akmal Malik adalah lulusan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN. Akmal Malik telah menjabat sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah pada Kementerian Dalam Negeri terhitung mulai tanggal 9 September 2019 sampai saat ini. Sempat pula ia menjabat sebagai Plt Direktur Jenderal Otonomi Daerah sejak 1 Maret 2019.

Pj Gubernur Agus Fatoni Sampaikan 6 Raperda Sumsel di Depan DPRD, Apa Saja?

Akmal bergabung dengan Kementerian Dalam Negeri khususnya Direktorat Jenderal Otonomi Daerah pada tahun 2014 di Subbag Kepegawaian pada Bagian Perundang-Undangan dan Kepegawaian Setditjen Otonomi Daerah. 

Pria berusia 52 tahun ini menjabat pula sebagai Ketua Dewan Pengurus Nasional Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan atau DPN IKAPTK

Berbagai terobosan dan inovasi dilakukan oleh Akmal Malik. Sepanjang 2021, yakni terus melakukan inovasi dan kebijakan yang memastikan roda pemerintahan bergerak sesuai roadmap yang sudah ditentukan.

Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, lanjut Akmal Malik, senantiasa proaktif dalam menjalankan seluruh tugas dan menyikapi proses dan dinamika kehidupan politik, pemerintahan dan kemasyarakatan

Akmal Malik akan menjabat sebagai PJ Gubernur Sulawesi Barat hingga Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada akan dilaksanakan pada 2024 mendatang. 

Selain PJ Sulawesi Barat, lima PJ lain yang dilantik adalah Pj Gubernur Banten, Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Pj Gubernur Gorontalo, dan Pj Gubernur Papua Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya