Jokowi Berduka Buya Syafii Maarif Wafat: Selamat Jalan Guru Bangsa

Presiden Joko Widodo atau Jokowi
Sumber :
  • ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) takziah ke tempat disemayamkannya almarhum mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, KH. Ahmad Syafi’i Maarif atau Buya Syafi’i di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta pada Jumat, 27 Mei 2022.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

"Bapak Presiden ke Jogja melayat siang ini. Di Masjid Gede Kauman Jogja," kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono saat dikonfimasi.

Prof Dr Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii Maarif, seorang cendekiawan muslim yang juga mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah meninggal dunia pada Jumat pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Presiden Jokowi melalui akun Instagram pribadinya menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Buya Syafi'i Maarif. Jokowi sempat jenguk Buya Syafi’i beberapa waktu lalu usai menjalani perawatan di rumah sakit.

"Dua bulan lalu, saya datang menjenguk Buya Syafii di kediamannya di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, saat beliau baru keluar dari rumah sakit seusai perawatan selama beberapa hari. Saat itu, beliau sudah sehat dan terlihat bugar. Itulah pertemuan terakhir saya dengan Buya Syafii," kata Jokowi.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Presiden Jokowi jenguk Buya Syafii di Sleman, Yogya.

Photo :
  • Twitter @jokowi

Hari ini, Jokowi mendapat kabar Buya Syafi'i yang merupakan tokoh bangsa meninggal dunia di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta sekira jam 10.15 WIB. Dengan demikian, Jokowi mewakili rakyat Indonesia, pemerintah menyampaikan belasungkawa yang dalam.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Semoga segala amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT, diampuni kesalahannya, dan segenap keluarga yang ditinggalkan sabar dan tabah. Selamat jalan Sang Guru Bangsa," ujarnya.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif tutup usia pada Jumat 27 Mei 2022. Menurut rencana, Buya Syafii akan dimakamkan di Pemakaman Husnul Khotimah Kulon Progo selepas Sola Ashar. Pemakaman Husnul Khotimah sendiri adalah kompleks pemakaman milik Muhammadiyah. 

"Ba’da ashar akan dimakamkan di Pemakaman Husnul Khotimah. Pemakaman Muhammadiyah tepatnya di Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo," kata Ketua MDMC Muhammadiyah, Budi Setiawan, Jumat 27 Mei 2022. 

Budi menerangkan sebelum dimakamkan di Pemakaman Husnul Khotimah, Buya Syafii akan disemayamkan lebih dulu di di Masjid Gedhe Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau dikenal pula dengan nama Masjid Gedhe Kauman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya