Geng Motor XTC Bogor Bubar, Kini Berubah Jadi Ormas

Anggota Geng Motor XTC Bogor membubarkan diri berubah jadi ormas
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA – 

Nekat Terobos Masuk Kompleks Militer Halim, Geng Motor Bersajam Ditangkap Prajurit TNI


Geng motor XTC Kabupaten Bogor mendeklarasikan pembubaran diri di Gedung DPRD Kabupaten Bogor, disaksikan Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin. Kini geng yang berasal dari Kota Kembang Bandung itu resmi menjadi Organisasi Kemasyrakatan (Ormas).

"Yang mana kelompok motor XTC, yang berada di wilayah kabupaten Bogor dan komunitas motor lainnya mendeklarasikan bahwa mereka sudah bukan lagi merupakan geng motor melainkan menjadi sebuah organisasi kemasyarakatan yang berbadan hukum, selama ini XTC ini di kenal sebagai sebuah komunitas motor," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin dalam keterangannya, Senin 30 Mei 2022.

Cerita Mencekam Warga Deli Serdang soal Tawuran Geng Motor: Kami Mati Ketakutan

Kegiatan deklarasi tersebut pun secara langsung disaksikan  oleh Kasdim 0621 Kabupaten Bogor Mayor Ujang Rohmat, Kasat Pol PP Kabupaten Bogor Cecep Iman Nagasarid, Ketua IMI Korwil Kabupaten Bogor Aan Antriana Al Muhamarom, Anggota DPRD Kabupaten Bogor, dan PJU Polres Bogor pada Jumat 27 Mei lalu.

"Mulai hari ini sebutan itu tidaklah lagi berlaku karena melalui deklarasi yang telah dibacakan tadi mereka sudah menyatakan diri sebagai sebuah organisasi kemasyarakatan," kata Iman.

Polisi Minta Warga Melapor Jika Ada Ormas Memaksa Minta THR

Iman menyampaikan TNI-Polri, pemerintah Kabupaten Bogor bersama organisasi kemasyarakatan XTC ini nantinya siap menjalin kerjasama dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah Kabupaten Bogor.

"Kita akan buat sebuah mekanisme untuk bersama-sama menjaga kondusifitas keamanan di Kabupaten Bogor, apakah nanti melalui  patroli bersama yang kita gelar ataupun kegiatan-kegiatan positif lainnya," tutupnya.

Dalam deklarasi tersebut, Ketua XTC Kabupaten Bogor Ricky Lubis menyampaikan bahwa XTC telah menjadi ormas.

"Kami XTC Kabupaten Bogor, kami bukan lagi geng motor. Dan sudah ada legalitas organisasi masyarakat yang sah di mata hukum. Kami siap menjaga kondusivitas Kabupaten Bogor," katanya. 

Seperti diketahui, geng motor XTC kerap berulah dan melakukan aksi konvoi motor yang meresahkan warga Bogor dan sekitarnya. Terakhir, sebanyak 70 orang anggota geng motor XTC diamankan aparat saat melakukan konvoi ulang tahun menyebabkan keributan bersama warga di jalanan Kota Bogor. 

Akibat ulah geng motor XTC itu, polisi sampai mengeluarkan tembakan peringatan untuk membubarkan aksi mereka. Peristiwa kegaduhan itu terekam kamera ponsel warga dan diunggah akun instagram @ForumWartawanPorli. 

Tampak ratusan motor konvoi dan anggotanya mencari keributan dengan warga. Sempat terjadi cekcok berujung pengeroyokan oleh para anggota motor. Polisi yang berada di lokasi langsung membubarkan keributan dengan mengeluarkan tembakan peringatan. Suara tembakan membuat geng motor lari tunggang langgang. 

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, saat dikonfirmasi menjelaskan, video anggota yang melepas tembakan itu untuk memperingati geng motor. 

"Ya itu tadi anggota di sana berusaha untuk melerai karena terindikasi terjadi keributan. Itu memberikan tembakan peringatan dan mereka bubar kabur dan kami siapkan untuk penyekatan di tugu kujang ini," kata Susatyo.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya