Viral Dosen UNM Diduga Lecehkan Mahasiswi saat Kuliah

Universitas Negeri Makassar (UNM)
Sumber :
  • VIVA/Supriadi Maud

VIVA – Viral oknum dosen di Universitas Negeri Makassar (UNM), Sulawesi Selatan, diduga melecehkan secara seksual ke sejumlah mahasiswinya. Viralnya informasi itu setelah diposting di salah satu akun anonim di instagram.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

Dalam postingan itu, disebut sejumlah mahasiswi di Fakultas Teknik (FT) menjadi korban pelecehan seksual. Mereka disebut dilecehkan oleh dosen yang sama dari Jurusan Elektro, berinisial A.

Disebutkan juga, bahwa mahasiswi itu dilecehkan dengan cara berbeda. Seperti cium tangan hingga mengelus ataupun meraba paha mahasiswi. Aksi tak senonoh itu disebut dilakukan oleh oknum dosen di kampus saat perkuliahan.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Menunggu di depan jurusan mau bimbingan, kebetulan berdua jaka sama mahasiswi lain, tapi berjauhan. Terus tiba-tiba keluar satu dari jurusan dan ketemuka sama pak H, langsung duduk di dekatku sangat dekat. Baru lama-lama natarik tanganku, baru tidak mau na lepas. Setelah itu dia baring di pangkuanku,” ungkap Uni (nama samaran) dalam postingan itu.

Padahal ada tas di pangkuanku. Mauka teriak tapi sepi sekali jurusan. Baru itu mahasiswi cuek melihatnya. Setelah kejadian itu saya takut ke jurusan. Padahal, mauka bimbingan dosen PAku (penasehat akademik)," katanya lagi di postingan itu

Saya sama temanku pakai jilbab syar’i tidak pernah sentuhan sama lawan jenis. Dosen dari Elektro otomatis anak elektro samaji siapa dosen yang ku maksud. Masalahnya na normalisasi orang-orang di sana. Saya tidak habis pikir,” sambungnya.

Menurut pengakuan korban lainnya, sebut saja Melati, dia menyebut bahwa aksi biadab dosen inisial A itu ternyata telah dilaporkan ke bimbingan konseling (BK) kampus. Namun parahnya, pihak BK tidak ada tindaklanjutnya karena dalih tak ada bukti.

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Saya korban pelecehan mulai dari paha, tangan, dia peluk ka dari belakang, sampai dia angkat naik rokku. Sudah ka melapor ke bimbingan konseling di jurusan. Katanya, butuh bukti untuk ditindaklanjuti. Sedangkan yang saya bisa lakukan cuman speak-up saja ji, karena  tidak ada bukti ku pegang,” ungkap Melati dalam postingan itu juga.

Menanggapi hal itu, pihak kampus UNM akhirnya angkat bicara perihal adanya kasus tersebut viral. Pihak UNM mengaku saat ini pihakny tengah menginvestigasi terkait kasus tersebut.

"Iya kami pihak kampus mau melakukan investigasi terkait benar tidaknya isu tersebut, karena ini juga baru kita tahu setelah viral," ujar Wakil Rektor III UNM Sukardi Weda saat dimintai konfirmasi, Rabu 1 Juni 2022.

Sukardi menjelaskan, bahwa pihaknya belum bisa bergerak cepat mengusut kasus itu sebab sumber informasi isu atau para korbannya masih bersifat anonim.

"Kami belum bisa langsung lakukan investigasi ini, kita mau cari tahu dulu ini yang sebar isu ini. Karena isu ini muncul di media sosial dan media online, tetapi yang merasa korban dan terduga pelaku masih bersifat anonim, jadi pelaku dan korban masih kita mau cari tahu dulu," ungkap Sukardi.

Sukardi menegaskan, bahwa pihak kampus UNM meminta sejumlah mahasiswi yang mengaku menjadi korban pelecehan seksual oknum dosen Fakultas Teknik segera melapor ke pihak kampus. Sebab, dengan adanya laporan itu membuat pihak UNM akan lebih mudah menginvestigasi isu terkait pelecehan yang beredar.

"Sebaiknya memang yang merasa mengalami pelecehan seksual, diimbau untuk melapor ke pihak kampus segera lapor biar kami bekerja," ujarnya.

Selain itu, Sukardi mengaku akan kesulitan menyelidiki dugaan pelecehan seksual itu. Sebab, kata dia, korban yang dieebutkan cukup banyak.

"Harapan kami, para korban segeralah lapor biar ada tindak lanjut atas laporannya," terang Sukardi.

Baca juga: Viral Pria Lakukan Pelecehan di Atas Kuburan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya