Profil Ketua Umum Pejuang Bravo 5, Jenderal TNI Fachrul Razi

Fachrul Razi
Sumber :
  • Humas Kemenag

VIVA – Ketua Umum Pejuang Bravo Lima, Jenderal TNI Purn Fachrul Razi buka suara terkait pemukulan kepada anak dari Anggota DPR RI dari PDI-P Indra Kurniawan, Justin Frederick.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Mantan Menteri Agama, Fachrul Razi sangat menyayangkan insiden itu. Hal itu merupakan tindakan perilaku main hakim sendiri. Dia juga mendukung sepenuhnya atas tindakan dari pihak kepolisian yang mengusut kasus penganiayaan tersebut.

Pemuda Bravo merupakan sebuah organisasi kepemudaan yang sudah eksis sejak pemilihan Presiden dan wakil Presiden tahun 2019 lalu. Organisasi tersebut berada di bawah naungan Pejuang Bravo Lima yang diketuai oleh Jenderal TNI Purn Fachrul Razi. Tim Bravo Lima yang selalu hadir saat Pilpres 2019 untuk mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

In Memoriam: Prestasi Gemilang Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu

Berikut Profil dari Ketua Bravo Lima Jenderal TNI Purn Fachrul Razi

1. Profil Fachrul Razi

Profil Rizki Calon Suami Beby Tsabina yang Punya Karier Mentereng

Menteri Agama Fachrul Razi (kanan).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Memiliki nama lengkap Fachrul Razi Batubara merupakan seorang tokoh militer yang lahir pada 26 Juli 1947. Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Agama Republik Indonesia pada masa Kabinet Indonesia maju pada masa pemerintahan Joko Widodo sejak tanggal 23 Oktober 2019 dan digantikan oleh Yaqut Cholil Qoumas pada tanggal 23 Desember 2020.

Semasa aktif menjadi militer, ia memiliki pengalaman dibidang infanteri sebagai perwira TNI Angkatan Darat dengan jabatan terakhir sebagai Wakil Panglima Tentara Nasional Indonesia. Selain itu juga, ia termasuk salah satu pendiri partai politik Hanura.

Fachrul Razi menjadi orang ketiga di militer yang menjabat sebagai sebagai Menteri Agama, yang pertama ada Letjen Purn Alamsjah Ratoe Perwiranegara dan kedua Laksda Purn Tarmizi Taher. Fachrul Razi menjadi orang dengan pangkat militer tertinggi yang pernah menjabat sebagai Menteri Agama.

2. Kehidupan Fachrul Razi

VIVA Militer: Jenderal TNI Fachrul Razi

Photo :
  • Youtube

Fachrul Razi merupakan pasangatan dari perantau Minangkabau yang berasal dari Maninjau, Sumatera Barat. Pada saat masih aktif menjadi militer ia pernah menjadi Komandan Kontingen Garuda IX/2 yang ditugaskan ke Iran-Irak dibawah misi UNIIMOG.

Pada tahun 1996-997 ia pernah menjadi Gubernur Akademi Militer dan pada tahun 1999 diangkat menjadi wakil panglima TNI mendampingi Widodo Adi Sutjipto. Namun pada masa kepresidenan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, meminta penghapusan posisi dari Fachrul Razi dan pada tahun 2000 ia dicopot dari jabatannya.

3. Karir Setelah Pensiun Jadi TNI

VIVA Militer: Jenderal TNI Fachrul Razi

Photo :
  • Youtube

Setelah tidak aktif lagi sebagai TNI, Fachrul Razi menjabat sebagai Komisaris Utama diantaranya dari PT Central Proteina Prima, PT Aneka Tambang dan PT Toba Sejahtera. Fachrul Razi merupakan salah satu pendiri Partai Hati Nurani Rakyat dan pada 2009 ia mendukung pasangan pemilihan presiden yaitu Jusuf Kalla-Wiranto. Pada tahun 2014 ia mendukung keberhasilan Joko Widodo dalam pemilihan Presiden dan menjadi penasihat pertahanan selama pembentukan kabinet.

Dalam pemilihan presiden tahun 2019, Razi memimpin tim "Bravo 5" yang terdiri atas pensiunan perwira TNI yang mendukung kampanye pemilihan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Pada tanggal 20 Oktober 2019, Razi dilantik sebagai Menteri Agama. Dia merupakan tokoh militer ketiga yang memegang jabatan sebagai Menteri Agama, dan yang pertama sejak era Reformasi.

4. Riwayat Jabatan TNI

Menteri Agama Fachrul Razi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.

- Komandan Brigade Infanteri Lintas Udara 17 Kujang 1 Kostrad
- Wakil Asisten Operasi KASAD
- Kepala Staf Daerah Militer VII/Wirabuana
- Gubernur Akademi Militer (1996–1997)
- Asisten Operasi KASUM ABRI (1997–1998)
- Kepala Staf Umum ABRI (1998–1999)[12]
- Sekretaris Jenderal Departemen Pertahanan (1999)
- Wakil Panglima TNI (1999–2000)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya