Fakta-Fakta Kepulangan Eril ke Indonesia

Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril (kanan) dan Ridwan Kamil (kiri)
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Emmeril Kahn Muntadz alias Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil, yang dinyatakan hilang pada 26 Mei 2022 lalu akhirnya ditemukan pada Kamis, 9 Juni 2022 kemari di Bendungan Engehalde, sekitar 6 kilometer dari tempat ia dinyatakan hanyut.

5 Fakta Selebgram Chandrika Chika Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Mendapat kabar, Ridwan Kamil pun segera terbang ke Swiss untuk proses identifikasi dan untuk membawa pulang jenazah Eril ke Indonesia. Diperkirakan, jenazah Eril akan tiba di Indonesia pada Minggu malam, 12 Juni 2022 dan akan dimakamkan di Bandung. Berikut fakta - fakta kepulangan Eril.

Presiden Jokowi Perintahkan Langsung Kemelu

5 Fakta Penting tentang Penyakit FLUTD pada Kucing

Presiden Jokowi di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis 9 Juni 2022.

Photo :
  • VIVA/ Anwar Sadat.

Presiden Jokowi memberikan perintah langsung kepada pihak Kemenlu untuk membantu dan mempermudah kepulangan jenazah Eril ke Indonesia. 

5 Fakta Meli Joker Tewas Bunuh Diri, Ternyata Pernah 4 Kali Coba Akhiri Hidup

Hal ini sampaikan langsung presiden saat menghadiri acara di Bogor. "Dua hari yang lalu saya sudah berkomunikasi dengan Pak Ridwan Kamil untuk menyampaikan dukacita yang mendalam. Tetapi, alhamdulillah (jenazah Eril) sudah ditemukan," ucap Jokowi usai Peluncuran Program Rehabilitasi Mangrove dan World Mangrove Center di Rumpin, Bogor, pada Jumat 10 Juni 2022 kemarin.

"Saya sudah perintahkan kepada Kemenlu, kepada Dubes, untuk secara maksimal membantu kepulangan jenazah (Eril) dari Swiss ke Indonesia," lanjutnya.

Terus Didampingi KBRI Bern, Swiss

Konferensi pers Dubes RI di Swiss Muliaman Hadad dan keluarga Ridwan Kamil

Photo :
  • Youtube

Kepulangan jenazah Eril dan sang ayah Ridwan Kamil juga akan terus didampingi oleh pihak KBRI Bern, hingga selesai. "Untuk selanjutnya KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dalam persiapan dan proses pengurusan repatriasi ananda Eril ke Tanah Air. KBRI juga akan melakukan pengawalan dalam proses repatriasi hingga ananda Eril tiba di Indonesia," kata Dubes RI di Bern, Muliaman Darmansyah Hadad, saat melakukan konferensi pers virtual. 

Saat konferensi pers, Muliaman juga meminta doa dan dukungan masyarakat Indonesia agar tidak ada halangan sehingga rombongan bisa tiba dengan lancar dan Eril bisa diistirahatkan dengan tenang. "Setiba di Jakarta nanti Direktorat perlindungan warga negara Indonesia Kementerian Luar Negeri akan memfasilitasi kedatangan rombongan di Bandara Soekarno-Hatta" ucapnya. 

Akan Dikawal Polri 

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Gatot Repli Handoko

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kepulangan jenazah Eril ke Indonesia juga akan dikawal oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia. Ini disampikan langsung oleh Kepala Bagian Penerangan Umum atau Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Pol. Gatot Repli Handoko mengatakan. Ia mengatakan bahwa Polri akan mengawal proses kepulangan jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, saat tiba di Tanah Air.

Pengawalan ini akan dilakukan dari mulai jenazah tiba di bandara hingga menuju rumah duka dan proses pemakaman. Nantinya, jenazah akan dibawa ke rumah duka di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat, dan rencana pemakaman akan dilaksanakan pada Senin pagi, 13 Juni, di Kabupaten Bandung. "Informasinya (jenazah) tiba besok jam 10an, di bawa ke Gedung Pakuan, dan pemakaman rencana Senin pagi, di Kabupaten Bandung, di Cimaung, deket rumah pribadi Pak Gubernur," ujar Gatot.

Pihak keluarga tak ada meminta perlakukan khusus, ungkap Gatot, ini adalah inisifatif yang diberikan oleh Polri. "Tanpa diminta pun Polri pasti akan memberikan back-up," ungkap Gatot.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya