6 Kebiasaan Unik Calon Jemaah Haji di Seluruh Dunia, Apa Saja?

Kota Suci Mekkah.
Sumber :
  • GoNews India

VIVA – Pergi ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji adalah sebuah anugerah yang tidak akan pernah dilupakan. Sebab, hanya orang-orang terpilih saja yang bisa menjalankan rukun Islam kelima tersebut. Sementara itu, pelaksanaan ibadah haji pada 1443 H/2022 M ini bisa dikatakan sebagai momen istimewa. Sebab, pada musim haji 2022 ini Arab Saudi kembali membuka Masjidil Haram untuk seluruh umat Islam di dunia, termasuk Indonesia. 

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Hal tersebut diberlakukan mengingat kasus Covid-19 di seluruh dunia mulai mereda. Namun, ada hal unik yang mungkin sangat jarang diketahui oleh orang-orang tentang kebiasaan sebelum ibadah haji. Ternyata, setiap negara di dunia, terutama yang mayoritas muslim, mempunyai kebiasaan tersendiri sebelum calon jemaah haji berangkat ke Tanah Suci. Untuk kamu yang penasaran, berikut ulasan selengkapnya yang dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

1. Indonesia

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

Jemaah Calon Haji Kelompok Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Al Azhar Bekasi

Photo :
  • Istimewa

Di Jawa Barat, sebelum calon jemaah haji berangkat ke Tanah Suci, mereka akan menggelar Walimatus Safar. Tentunya selain sebagai ungkapan rasa syukur, Walimatus Safar juga berfungsi sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi antara calon jemaah haji dengan masyarakat sekitar.

5 Potret Cantik Rebecca Klopper Pakai Kerudung Syari di Tanah Suci

Acara ini juga dilengkapi perjamuan, di mana calon peziarah akan berdiri di pintu untuk memberi selamat atau mengucapkan salam perpisahan sambil mengucapkan permintaan maaf sebelum semua tamu meninggalkan tempat tersebut. Selain melakukan Walimatus Safar, calon jemaah haji juga akan melaksanakan ziarah kubur dan memberikan “uang sedekah” atau “uang saku”.

2. Mesir

Pemandangan Kota Mekah dari puncak Jabal Nur, Gua Hira

Photo :
  • Bahauddin/MCH2019

Mesir memiliki kebiasaan mencoret-coret dinding rumah peziarah. Selain itu, sebuah bendera putih telah dipasang di jendela calon peziarah untuk melambangkan bahwa seseorang di rumah akan menjadi tamu Allah. Tapi sekarang, bendera tersebut sudah tidak lagi berkibar di jendela, tapi dipasang di mobil calon jemaah haji ketika menuju bandara. 

Pada 17 Juli 2019, pelukis asal Kairo, Eid Al Salwawi melukis mural bertema ziarah ke kota suci Mekah saat ziarah untuk orang yang dicintainya. Sekelompok orang kemudian membacakan doa-doa rohani sebagai kebiasaan untuk membebaskan tetangga yang hendak menunaikan ibadah haji.

Ketika dia kembali dari Tanah Suci, kerabat dan keluarganya akan menyambutnya. Kerabat dan anggota keluarga akan mengunjungi rumah para peziarah sambil menikmati makanan khas dari Tanah Suci, seperti kurma dan air Zamzam. 

3. Irak

Masjidil Haram Mekah Arab Saudi menghapus aturan salat berjarak

Photo :
  • Reasahalharamain

Seorang calon haji di Irak pertama-tama akan bertemu dengan kerabat dan anggota keluarga untuk meminta maaf atas kesalahannya. Hal ini dilakukan agar para calon jemaah haji ini dapat melakukan perjalanan ke Tanah Suci dengan tenang dan tidak terbebani oleh kesalahan. 

Setelah kembali dari Tanah Suci, kerabat dan anggota keluarga akan menyambutnya di bandara. Sambutan terkadang dimeriahkan dengan menyewa grup musik atau drum band. Selain itu, kerabat dan anggota keluarga membawa kembang gula khas Irak yang disebut kelecha. 

Beberapa hari kemudian, keluarga haji akan menyembelih hewan seperti sapi dan domba, dan membagikannya kepada mereka yang membutuhkan. Kerabat dan anggota keluarga yang ingin mengucapkan selamat akan berkunjung ke rumah haji. Seringkali, ketika tamu kembali ke rumah, mereka menerima oleh-oleh haji. 

4. Lebanon

Masjidil Haram Mekah Arab Saudi menghapus aturan salat berjarak

Photo :
  • Reasahalharamain

Di Lebanon, calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci akan mengunjungi kerabat dan anggota keluarga untuk meminta maaf. Namun, tradisi ini sudah mulai memudar. Ada perayaan kepulangan para peziarah dari Tanah Suci. Bagian depan rumah jemaah akan dihiasi dengan daun lontar. Para tamu akan menikmati cokelat mlabbas hingga baklava. Selain itu, para tamu akan menerima suvenir atau cinderamata dari Arab Saudi. 

 5. Malaysia

Jemaah umrah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi dengan protokol kesehatan

Photo :
  • Haramain

Malaysia tidak memiliki perayaan khusus untuk calon jemaah haji. Di Malaysia, bagaimanapun, pertemuan keluarga dan pertemuan kecil adalah untuk menyambut keluarga yang baru saja kembali dari Tanah Suci. Selain itu, Malaysia memiliki tradisi haji yang unik. Ketika seorang haji kembali ke rumah setelah menyelesaikan haji, ia akan ditaburi kelopak mawar dan attar. 

6. Inggris

Gelombang pertama jemaah haji domestik tiba di Mekah

Photo :
  • hajj.media.gov.sa

Komunitas Muslim di Inggris memiliki tradisi melepas dan menyambut jemaah haji. Kerabat dan keluarga akan mengantar calon haji ke bandara dan mendoakan agar perjalanannya lancar dan aman di Tanah Suci. 

Sayangnya, tradisi ini mulai memudar. Namun, komunitas Muslim di Inggris masih memiliki tradisi menyambut kepulangan haji. Biasanya, orang-orang yang kembali dari haji pada kesempatan ini membagikan oleh-oleh dari Arab Saudi berupa tasbih dan mata air Zamzam dalam botol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya