Fakta Polisi Larang Pengendara Motor Pakai Sandal Jepit

Naik Motor Pakai Sendal.
Sumber :
  • Wahana Honda.

VIVA – Polisi mengimbau para pengguna sepeda motor untuk tidak pakai sandal jepit saat berkendara. Hal ini diutarakan Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Seperti dijelaskan olehnya, kecelakaan justru sering terjadi ketika melakukan perjalanan jarak dekat yang sering dilakukan setiap hari. Maka dari itu ia mengimbau untuk tetap mengutamakan keselamatan, seperti memakai sepatu, atau sesuatu yang bisa melindungi bagian kaki.

"Karena ada masyarakat yang bilang begini 'Pak cuman deket aja kok, masa cuman mau beli tempe doang ke pasar pakai sepatu'. Kecelakaan di jalan justru dari rumah ke pasar beli tempe yang dia rutin setiap hari dan tidak ada kecelakaan yang disengaja," kata Firman.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Selain itu para pengendara motor harus menggunakan helm dan jaket sebagai salah satu bentuk ikhtiar untuk terhindar dari kecelakaan, sebagai perlindungan yang cukup pada bagian anggota tubuh.

Firman menegaskan tidak ada tilang bagi para pengendara bermotor yang menggunakan sandal jepit. Akan tetapi ia menugaskan ke anggotanya untuk memberikan edukasi ke pengendara motor untuk tidak lagi menggunakan sandal jepit saat berkendara.

Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis

Berikut beberapa alasan pakai sandal jepit bisa membahayakan pengemudi motor, simak sebagai berikut:

1. Terluka Parah

Naik Motor Pakai Sandal.

Photo :
  • Wahana Honda.

Menggunakan sandal jepit saat berkendara memang lebih enak dan fleksibel sadaan berkendara. Namun harus diketahui bahwa menggunakan sandal jepit akan sedikit berbahaya bagi para pengguna sepeda motor, yang dikhawatirkan tidak bisa membantu melindungi kaki ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti terjatuh akan langsung mengenai kulit kaki. Maka dari itu pihak kepolisian sangat melarang penggunaan sandal jepit saat berkendara motor. Hal itu bertujuan untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

2. Rawan Tergilas

Naik Motor di Dekat Truk.

Photo :
  • 100KPJ.com

Menggunakan sandal jepit sangat rawan tergilas roda, seperti halnya ketika berada di lampu merah, biasa para pengendara akan lebih padat untuk menunggu lampu hijau maju. Disaat itulah di antara para pengendara motor yang pernah mengalami tergilas jari kaki oleh mobil maupun motor.

3. Licin

Ilustrasi Tergelincir saat Naik Motor Matik.

Photo :
  • Istimewa.

Saat sedang kondisi hujan menggunakan sandal jepit merupakan solusi terbaik. Akan tetapi hal-hal lain juga harus diperhatikan, biasanya saat kondisi hujan, sandal jepit menjadi licin, hal itulah yang sangat membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain. Alangkah baiknya tetap menggunakan sepatu meskipun dalam kondisi hujan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya