10 Fakta Pengawal Jokowi selama di Ukraina

Ilustrasi Paspampres kawal Presiden Jokowi
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Jokowi berencana melakukan kunjungan ke Ukraina untuk bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy akhir bulan Juni 2022. Pengawalan ekstra ketat akan disiapkan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) selama Jokowi berada di negara yang tengah berkonflik itu.

Blak-blakan! Prabowo: Pak Jokowi Suruh Semua Menteri Kasih Data ke Saya

Mulai dari tim khusus hingga senjata yang akan dibawa ke sana. Berikut 10 fakta yang VIVA ulas, di antaranya:

1. Persiapan Latihan

Zulhas Boyong 38 DPW PAN Foto Bareng Jokowi di Istana

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) berjalan bersama sejumlah kepala daerah dengan dikawal Paspampres di Istana Negara beberapa waktu lalu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengatakan, bahwa Paspampres sudah mulai melakukan persiapan dari beberapa minggu lalu. Paspampres yang akan ikut serta sudah dilatih secara khusus untuk menjaga Jokowi.

Zulhas: Banyak Orang Salah Sangka Prabowo Dianggap Menang karena Bansos

"Sudah mulai latihan, sampai hari ini sudah selesai kita latihan terkait dengan bagaimana kira kira kegiatan ataupun kejadian apa yang harus kita antisipasi kita sudah latihan. Contohnya penyelamatan dari kereta api, penyelamatan di Stasiunnya sendiri, di jalan seperti apa, mengescape beliau itu kita sudah latihan, itu dari teknisnya," kata Budi, kepada awak media, Kamis 23 Juni 2022

2. Tim Khusus

Motor listrik Viar yang digunakan Paspampres

Photo :
  • Dok: Viar

Masih Kata Mayjen TNI Tri Budi, dari personel Paspampres sendiri juga sudah menyiapkan tim penyelamatan yang biasanya pada saat kegiatan tertentu tidak dibawa. Khusus untuk kunjungan Jokowi ini, Paspampres membawa personel tersebut dengan menggunakan pakaian PDL TNI.  

"Tapi untuk main groupnya kita sendiri tetap penyelamatan dengan mengcover beliau secara langsung. Nanti kalau seandainya matan (tim penyelamatan) punya tugas masing-masing. Itu juga sudah kita siapkan, matan 10, main groupnya sendiri itu ada 19, kemudian advancenya 10 nanti yang akan berada di sana, memang kita sudah bagi," ujar Budi

3. Perlengkapan melekat

Salah satu anggota Paspampres.

Photo :
  • U-Report

Berbagai macam perlengkapan juga telah disiapkan untuk pasukan yang menjaga keamanan Kepala Negara.  Salah satu yang disiapkan yakni rompi antipeluru dan juga helm. 

"Kita sudah siapkan helm rompi yang kemungkinan kalau memang berkenan digunakan untuk kegiatan di sana kita juga sudah siapkan semuanya," ujar Budi.

4. Senjata laras panjang

Ilustrasi Paspampres Jokowi

Photo :
  • Instagram @Jokowi

Selain pasukan khusus, nantinya Paspampres yang mengawal Jokowi selama kunjungan ke negara tersebut juga akan dibekali dengan senjata yang sebelumnya tak pernah dibawa saat kunjungan kenegaraan. Mereka diizinkan untuk membawa senjata laras panjang.

"Untuk senjata yang biasanya kita tidak menggunakan senjata laras panjang dari pihak Ukraine juga sudah memberi kita keleluasaan untuk membawa senjata laras panjang, sesuai dengan jumlah personel Paspampres kita dengan amunisi yang tidak terbatas," kata Tri Budi.

5. Jaga di kereta

Budi mengatakan, pihaknya telah melakukan komunikasi maupun koordinasi dengan tim keamanan di Ukraina. Komunikasi tersebut sejak awal juga sudah dilakukan melalui KBRI dan selanjutnya nanti akan ada tim yang melekat dengan Presiden akan melakukan persiapan lebih ketat. 

"Lebih melekat lagi, nanti di dalam rangkaian kereta api kemungkinan juga mereka akan ikut di dalam situ, namun kita batasi untuk jumlah tempatnya," ujar Budi

6. Jumlah paspampres

Total pasukan Paspampres yang akan mengawal Jokowi diperkirakan sebanyak 39 orang. Terdiri dari personel yang melekat dengan Presiden ada 19 orang, ditambah tim penyelamatan atau Matan 10 orang, selain itu ada juga 10 orang yang sudah lebih dulu siaga di negara yang akan dikunjungi. 

"Ya betul kurang lebih 39 khusus dengan Paspampres saja," ujarnya.

7. Jauh dari ledakan

Budi mengatakan, bahwa kunjungan Jokowi ke Ukraina dapat dikatakan aman. Menurutnya, lokasi yang akan dikunjungi Jokowi dapat dikatakan lokasi yang jauh dari titik perang. Ledakan terdekat, kata Budi, jaraknya sekitar 380 Km dari tempat yang akan dikunjungi Jokowi. 

"Sementara aman, karena kalau kami melihat sampai di Donetsk kurang lebih dari Kiev itu kurang lebih jaraknya sekitar paling dekat yang ledakan itu adalah 380 KM dari Kiev, itu yang sudah kita antisipasi," kata Budi.

8. Jaga deligasi

Berbagai macam peralatan keamanan disiapkan oleh Paspampres untuk menjaga keamanan Jokowi dan rombongan. Salah satunya menyiapkan helm dan juga rompi antipeluru. 

"Semua, semua delegasi yang akan ikut kita siapkan," ujar Budi

9. Kemampuan Paspampres

Budi yakin Paspampres yang telah dipercayakan mampu melaksanakan tugas dengan baik.

"Jadi sebelum kereta api jalan, 3 jam sebelumnya kita sudah punya deteksi. Ada tim deteksi yang sudah kita siapkan dari awal dan Paspampres ini banyak, terdiri dari pasukan pasukan khusus juga sehingga alhamdulillah kita juga tidak terlalu khawatir," kata Budi 

"Karena Paspampres ini ada dari Kopassus ada dari Denjaka ada dari Paskhas ada. Alhamdulillah kita percaya diri," tambahnya.

10. Pede kawal Jokowi

Secara teknis, kata Mayjen Tri Budi, Paspampres telah berlatih upaya penyelamatan Presiden manakala terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, termasuk saat berada di kereta api, stasiun, pesawat hingga jalan raya. Semua unit Paspampres telah dilatih untuk kunjungan Presiden ke Ukraina.  

"Semuanya dari Paspampres, paspampres kan punya ada tim Penyelamatan sendiri, ada tim-timnya sendiri," ujar Budi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya