KPK Periksa Sejumlah Pejabat PT Summarecon Agung

Gedung KPK
Sumber :
  • KPK.go.id

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa sejumlah pejabat PT Summarecon Agung pada Kamis, 23 Juni 2022. 

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik

Pemeriksaan ini terkait dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi berupa suap pengurusan perizinan apartemen di wilayah pemerintah Kota Yogyakarta yang dilakukan Walikota Yogyakarta 2012-2020, Haryadi Suyuti.

"Tim penyidik telah memeriksa sejumlah saksi, diantaranya Bryan Tony selaku Grand Manager Perencanaan PT Summarecon, Raditya Satya Putra dan Anton Triatmojo sebagai Perencana PT Summarecon," ujar Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat, 24 Juni 2022.

Nurul Ghufron Laporkan Albertina Ho ke Dewas, KPK: Itu Keputusan Sendiri bukan Kolektif Kolegial

Gedung Merah Putih KPK

Photo :
  • VIVA/Andry Daud

Dikatakan Ali, ketiga saksi dari PT Summarecon Agung ini dikonfirmasi terkait pembahasan internal perusahaannya dalam pengajuan permohonan izin mendirikan bangunan (IMB).

Laporkan Albertina Ho ke Dewas KPK, Nawawi: Itu Sepenuhnya Sikap Nurul Ghufron

"Terkait dengan pengajuan IMB ke Pemkot Yogyakarta," jelasnya.

Selain ketiga saksi itu, penyidik KPK juga turut memeriksa dua orang pejabat Pemerintah Kota Yogyakarta terkait kasus dugaan korupsi perizinan pembangunan apartemen ini. Mereka diantaranya, Danang Yulisaksono sebagai Kepala Bidang Tata Ruang Kota Yogyakarta dan Aris Eko Nugroho selaku Kepala Paniradya Kaistimewan Kota Yogyakarta.

"Kedua saksi hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dugaan adanya arahan dari tersangka HS (Haryadi Suyuti) untuk menerbitkan dokumen pendukung sehingga permohonan IMB apartemen yang diajukan PT SA (Summarecon Agung) dapat disetujui," jelasnya.

Sebelumnya, pada 2 Juni 2022, KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap mantan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dan sejumlah orang lainnya.

Haryadi Suyuti diduga telah menerima sejumlah uang terkait pemberian izin sebuah apartemen di kawasan Cagar Budaya Malioboro. Dalam kasus ini, Haryadi dan tiga orang lainnya telah ditetapkan sebagai tersangka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya