Mengenal Masjid Bir Ali, Tempat Miqat Jemaah Haji

Keindahan Masjid Bir Ali di Madinah
Keindahan Masjid Bir Ali di Madinah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arinto Tri Wibowo

VIVA – Masjid Bir Ali berlokasi di perbatasan tanah haram, tepatnya di 11 kilometer dari Masjid Nabawi, Madinah. Di masjid inilah tempat Miqat (berpakaian Ihram) bagi Jemaah haji Indonenesia yang ingin memasuki Masjidil Haram, Mekkah.

Mengenal Masjid Bir Ali

Keindahan Masjid Bir Ali di Madinah

Keindahan Masjid Bir Ali di Madinah

Photo :
  • VIVA.co.id/Arinto Tri Wibowo

Melansir dari laman Kementerian Agama, pada zaman Rasulullah Saw, lembah itu disebut Lembah Aqiq. Lokasi masjid tempat mengambil miqat ini sedikit turun ke bawah, menuju lembah yang menghijau. 

Di belakangnya terdapat sebuah bukit berbatu cadas yang menjadi pemandangan dan menakjubkan mata. Bangunan Masjid Bir Ali seperti bangunan kotak, sang arsitek Abdul Wahid El Wakil terinspirasi oleh masyarakat disekitar lembah ini dalam rancangannya.

Masjid Bir Ali disebut memiliki banyak nama. Dinamakan Bir Ali (bir berarti kata jamak untuk sumur), karena pada jaman dahulu Sayyidina Ali bin Abi Thalib ra menggali banyak sumur di tempat ini. Namun sekarang bekas sumur-sumur buatan Sayyidina Ali bin Abi Thalib tak nampak.

Masjid ini juga dikenal dengan sebutan Masjid Syajarah (yang berarti pohon), karena sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya masjid yang cantik ini dibangun di tempat mana Nabi Muhammad Saw pernah berteduh di bawah sebuah pohon (sejenis akasia).