Kasus Roy Suryo Unggah Meme Stupa Mirip Jokowi Naik Penyidikan

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo.
Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

VIVA – Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri menaikkan status laporan kasus terhadap mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo atas unggahan foto stupa Candi Borobudur yang mirip dengan wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Hal tersebut dibenarkan Kadiv Humas Polri, Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Dedi Prasetyo.

"Dan statusnya dari proses penyelidikannya sudah dilakukan, ditingkatkan penyidikan," ujar Dedi kepada wartawan di Mabes Polri, Selasa, 28 Juni 2022.

Dikatakan Dedi, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi diantaranya pelapor dan saksi ahli terkait kasus tersebut. Penyidik juga telah menemukan unsur pidana sehingga menaikkan status perkara ke tingkat penyidikan.

"Iya (sudah ditemukan unsur pidana), makanya kan sudah ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan," bebernya.

Dedi melanjutkan, kasus ini telah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya untuk disatukan penyelidikannya dengan laporan yang lain. Nantinya, Polda Metro Jaya akan diasistensi oleh Bareskrim Polri dalam penanganan kasus ini.

"Tadi malam berkas perkara sudah dilimpahkan ke Polda Metro dan Jaya. Nantinya, Polda Metro yang akan menangani kasus ini tentu dengan diasistensi oleh Direktorat Siber Bareskrim Polri," jelas Dedi.