Ada dari Palestina, Ini Daftar Penerima Sedekah ACT

Organisasi ACT
Organisasi ACT
Sumber :
  • Instagram @actforhumanity

VIVA Nasional – Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap atau yang kerap disingkat ACT sedang menjadi sorotan masyarakat. Pasalnya, para petinggi yayasan ini diduga menyelewengkan dana donasi. Selain itu, mereka juga dianggap tidak transparan dalam penyaluran dananya.

Setelah diinvestigasi oleh salah satu media nasional, para petinggi ACT dikabarkan menggunakan dana donasi untuk kebutuhan pribadi. Kemudian, laporan keuangan sejak tahun 2021 tidak dirilis oleh pihak ACT. Padahal sejak berdiri dari tahun 2005 hingga 2020 mereka rutin memposting laporan keuangan di situs resmi ACT sebagai bentuk transparansi.

Namun hingga pertengahan 2022, laporan keuangan ACT tahun 2021 belum dirilis. Biasanya laporan keuangan ditampilkan setiap akhir tahun periode atau 31 Desember. Kendati begitu, tagar #JanganPercayaACT menjadi trending topic di Twitter sejak kasus ini terungkap pada 3 Juli 2022.

ACT populer dengan program penggalangan dana untuk Muslim baik di Indonesia maupun mancanegara seperti membantu korban bencana alam dan perang, memberi modal usaha mikro, serta memberikan sedekah untuk Muslim di daerah minoritas. Dilansir dari situs ACT, berikut pihak yang pernah menerima bantuan dari ACT.

Pengusaha mikro

Ilustrasi kegiatan UMKM.

Ilustrasi kegiatan UMKM.

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno

Pandemi COVID-19 mengakibatkan keadaan finansial pengusaha kecil terguncang. Maka dari itu, banyak pengusaha mikro yang harus banting setir meminjam uang dengan bunga agar usahanya tidak gulung tikar. ACT mengadakan bantuan modal usaha bagi para petani dan pedagang kecil yang membutuhkan tanpa riba.

Warga Palestina

Serangan Polisi Israel ke warga Palestina di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem Timur.

Serangan Polisi Israel ke warga Palestina di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem Timur.

Photo :
  • istimewa

Hingga saat ini, negara Palestina masih kerap diserang dengan bom, pembunuhan, dan penyiksaan oleh Zionis. Sebagai negara dengan mayoritas penduduk pemeluk agama Islam, ACT pun menggalang bantuan berupa pangan, medis, serta pendidikan bagi penduduk Palestina yang terkena dampak perang ini.

Warga Suriah

Konflik Suriah

Konflik Suriah

Photo :
  • pixabay

Hampir sama dengan Palestina, negara Suriah sampai saat ini dihantui oleh peperangan demi menguasai kota Aleppo, Idlib, Ghouta Timur, dan beberapa kota lainnya. Tentunya perang ini mengakibatkan warga sipil yang tak berdosa terkena akibatnya. Maka dari itu, mereka terpaksa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sederet fasilitas umum seperti masjid, rumah sakit, dan sekolah ikut hancur. Penggalangan dana yang diadakan ACT yakni untuk membantu memperbaiki fasilitas umum di sana. 

Korban bencana alam nasional

Proses evakuasi korban banjir Lombok Barat

Proses evakuasi korban banjir Lombok Barat

Photo :
  • VIVA.co.id/Satria Zulfikar

Indonesia termasuk cukup sering dilanda bencana alam antara lain banjir, gempa bumi, dan gunung meletus, disebabkan oleh faktor alam yang sulit diprediksi. Dengan adanya bencana alam, otomatis ada sejumlah masyarakat yang terkena imbasnya seperti kehilangan orang tercinta, tempat tinggal, serta membutuhkan pangan dan papan yang layak. Tentu para korban bencana alam membutuhkan berbagai bantuan agar bisa hidup layak seperti semula. ACT pun menggelar donasi untuk membangun kembali daerah yang terkena bencana alam.