Jokowi Targetkan 100 Ribu Izin Usaha Keluar Setiap Hari

Tangkapan layar - Presiden Jokowi dalam acara Pemberian Nomor Induk Berusaha.
Tangkapan layar - Presiden Jokowi dalam acara Pemberian Nomor Induk Berusaha.
Sumber :
  • ANTARA/Indra Arief

VIVA – Presiden Joko Widodo menghadiri acara pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) di Jakarta Timur, Rabu, 13 Juli 2022. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengenang saat dirinya mengalami kesulitan dalam mengurus izin usaha.

"Awal-awal dulu saya berusaha, kesulitan terbesar yang saya alami adalah tidak memiliki izin usaha. Itu tahun 88-89, tidak memiliki izin usaha. Sehingga saya tidak bisa akses ke perbankan. Mau pinjam ke bank tidak bisa karena tidak memiliki izin usaha," kata Jokowi. 

Untuk mengurus izin, selain sulit juga memerlukan biaya yang tidak murah. Karena tidak memiliki izin, Jokowi sempat mengalami kesulitan untuk mengakses permodalan mengembangkan usahanya.

Presiden Jokowi

Presiden Jokowi

Photo :
  • Youtube HIPMI TV

"Kalau saya ingin mengajukan izin, harus bayar. Dan bayarnya untuk saya saat itu sangat berat. Sehingga bertahun-tahun saya tidak memiliki yang namanya SIUP, TDP saat itu, yang itu adalah sangat diperlukan oleh pengusaha mikro dan pengusaha kecil kita," ujar Jokowi.

Berbagai kesulitan yang pernah dialami tersebut, Jokowi sangat memahami apa yang menjadi kendala para pengusaja UMKM saat ini. Karena itu, dia berusaha mengubah kondisi sehingga izin berusaha bisa didapatkan dengan mudah oleh para pelaku usaha melalui platform Online Single Submission (OSS).

"Oleh sebab itu, yang namanya izin ini penting sekali. Saya sudah cek saat itu waktu OSS jadi, Apakah benar yang namanya NIB ini cepet, nomor induk berusaha ini cepat. Kalau kita ingin mengajukan. Saat itu saya melihat cepat, tapi nanti mau saya cek lagi apakah sampai saat ini masih cepet kalau kita mau minta nomor induk berusaha," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title