Update Jemaah Haji Meninggal di Tanah Suci Jadi  47 Orang

Lokasi pemakaman bagi jemaah haji yang wafat di Tanah Suci Mekah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Kemenag RI

VIVA – Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji 1443H/2022 tidak terasa kini sudah memasuki hari ke- 41 dan juga merupakan h-1 dari rencana kepulangan jemaah haji Indonesia yang masuk ke dalam kelompok terbang gelombang 1. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Berdasarkan siaran pers dari kanal YouTube Kemenag pada Kamis, 14 Juli 2022 terkait data jemaah sakit dan wafat mengalami sedikit peningkatan. Dari keterangan yang didapat dari siaran pers tersebut, jumlah jemaah haji yang mengalami sakit sebanyak 102 orang, 27 orang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi, dan 75 orang lainnya dirawat di klinik kesehatan haji Indonesia Mekah.

Sementara untuk jumlah jemaah haji meninggal pada hari Kamis, 14 Juli 2022 bertambah hingga lima orang. Jadi, untuk keseluruhan total jemaah haji yang meninggal dunia hingga saat ini sebanyak 47 orang.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Lima orang jemaah haji yang meninggal dunia beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Esa Bubah Mahmud, jenis kelamin perempuan. Usia 57 tahun, nomer passpor c6115367 kloter upg 11 asal embarkasi ujung pandang.
  • Muhammad Yasin Matali, jenis kelamin laki-laki usia 64 tahun, nomer passpor c5262323 kloter sub 33 asal embarkasi Surabaya.
  • Siti Aminah Alif Rois, jenis kelamin pwrempuan, usia 62 tahun, nomer paspor c5564564 kloter sub 28 asal embarkasi Surabaya.
  • Tuwongko Razal Marusin Jali, jenis kelamin laki-laki usia 63 tahun, nomer paspor c6692869 kloter bth 05 asal embarkasi Batam.
  • Sri Bangun Kartawi, jenis kelamin perempuan usia 57 tahun. Nomer passpor c6001452 kloer jkg 23 asal embrkasi Jakarta Garuda Indonesia Pondog Gede.
Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Selain menyampaikan terkait jumlah jemaah haji yang sakit dan meninggal dunia, Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama Kementerian Agama RI, Wawan Djunaedi juga menjelaskan kondisi cuaca di Mekah dan sekitarnya yang diketahui saat ini rata-rata mencapai tertinggi 44 derajat celcius. 

Oleh karena itu, beliau mengimbau kepada seluruh jemaah haji Indonesia agar selalu memerhatikan imbauan dari pemerintah.

"Kami tetap menghimbau kepada seluruh haji indonesia, jangan menunggu haus untuk minum, dan tetap selalu masker baik di ruangan maupun dimanapun." kata Wawan Djunaedi yang dikutip VIVA pada Kamis, 14 Juli 2022.

"Ibu, bapak, saudara sekalian yang kami hormati dengan akan dimulainya masa pemulangan jemaah haji ke debarkasi masing-masing. Pemerintah kembali mengimbau kepada seluruh jemaah, agar perhatikan kembali seluruh rangkaian ibadah baik rukun maupun wajib haji. Mematuhi ketentuan barang bawaan, tidak berusaha memasuki air zam-zam ke tas bagasi dan tas lainnya dengan cara apapun yang tidak diperbolehkan, dan mengecek kembali kelengkapan lainnya," tambahnya.

Ia  juga mengingatkan imbauan dari pemerintah bagi masyarakat yang hendak menjemput keluarganya di asrama haji debarkasi, agar selalu menerapkan protokol kesehatan, menghindari kerumunan, selalu menggunakan masker dengan benar, dan mencuci tangan sesering mungkin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya