Peringati Sewelasan di Purworejo, Ganjar Pesan Ini ke Para Santri

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menghadiri peringatan sewelasan di Pondok Pesantren (Ponpes) An-Nawawi, Berjan, Purworejo. Kedatangan Ganjar ke ponpes yang didirikan tahun 1870 tersebut disambut antusias ribuan santri Ponpes An-Nawawi.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Di hadapan para santri, Ganjar menyampaikan sejumlah persoalan yang sedang dihadapi bangsa Indonesia seperti inflasi dan intoleransi hingga situasi sosial politik dunia saat ini yang berdampak pada sektor perekonomian di Indonesia.

Untuk itu, Ganjar mendorong para santri untuk bisa mengambil peran sebagai kalangan terpelajar yang mampu memberikan kemajuan di masyarakat dan memberikan kontribusinya untuk bangsa melalui moderasi beragama.

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

"Menurut saya ini bagian sangat bagus yang menjadi satu tradisi. Saya nitip pesan juga kepada Pak Kyai, ada ilmu agama, ada pengetahuan modern yang bisa dishare," kata Ganjar, Minggu, 17 Juli 2022.

Adapun tradisi sewelasan yang jatuh pada tanggal 11 bulan Hijriyah diperingati dengan melakukan selawat dan manaqib. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat Jawa jemaah tarekat Qodiriyyah wan Naqsyabandiyyah.

Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

Lebih lanjut, sewelasan di Ponpes An-Nawawi diikuti oleh seluruh santri Ponpes An-Nawawi yang berasal dari seluruh daerah se-Indonesia. Selain itu, masyarakat juga diperbolehkan mengikuti sewelasan.

Sehingga Ganjar menuturkan, kegiatan seperti sewelasan mampu menyatukan seluruh kalangan. Ada banyak ilmu dan pengalaman bermanfaat yang didapat dari sewelasan di Ponpes An-Nawawi.

"Kita harapkan nanti ini akan bisa memberikan manfaat banyak ya. Jadi spiritualitasnya dapet, hubungan sosialnya juga dapet, kemasyarakatannya juga dapet, sehingga manfaat buat semuanya," tutur Ganjar.

Sebagai informasi, pada kesempatan itu Ganjar didampingi langsung oleh pimpinan ponpes KH Achmad Chalwani Nawawi sebagai generasi ke-4 penerus Ponpes An-Nawawi yang kini telah berusia 150 tahun.

Baca juga: Cara Milenial Jabar Kenalkan Sosok Ganjar Pranowo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya