Roy Suryo: Saya Banyak Mengalami Teror, Bahkan Sifatnya Nonteknis

Roy Suryo Laporkan Menag Yaqut Soal Adzan ke Polda Metro
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Mantan politikus Partai Demokrat Roy Suryo mendatangi kantor Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) di Jakarta, Kamis, 21 Juli 2022, untuk meminta perlindungan atas laporan kasus meme stupa Candi Borobudur yang mirip dengan Presiden Joko Widodo.

Cerita Zulhas Sempat Tolak Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Maunya Erick Thohir

Kuasa hukum Roy Suryo, Pitra Romadoni, mengatakan permohonan perlindungan kepada LPSK itu diajukan usai kliennya membuat laporan ke Polda Metro Jaya. Ada tiga pengunggah meme pertama yang dilaporkan Roy Suryo.

"Laporan polisinya telah terbit sehingga terkait dengan laporan polisi tersebut kami langsung meminta permohonan dan perlindungan serta pendampingan saksi kepada LPSK mengingat adanya Pasal 10 ayat 1 dan ayat 2 Undang-Undang RI terkait perlindungan saksi dan korban," kata Pitra kepada wartawan.

Andi Mallarangeng Ungkit Dahulu Ada Partai Pemerintah tapi Berperilaku Seperti Oposisi

Roy Suryo diperiksa Polda Metro Jaya

Photo :
  • VIVA/Foe Peace

Dalam kesempatan yang sama, Roy Suryo mengaku permohonan perlindungan ini diajukan karena dia menerima sejumlah teror akibat kasus meme stupa Candi Borobudur mirip Jokowi itu.

Andi Mallarangeng: Bagus kalau Ada Satu Partai Besar di Luar Pemerintahan Prabowo-Gibran

"Saya banyak sekali mengalami teror, bukan hanya teror secara media sosial. Ada beberapa media abal-abal yang dengan sangat sadis itu memfitnah, bahkan menyatakan saya dipecat dari keluarga Keraton Yogyakarta, dibikin arak-arakan membuat berita yang tidak benar," ujar Roy.

"Kemudian, bahkan ada satu media resmi juga sekitar sebulan yang lalu memberikan caption kepada saya sebagai orang yang menistakan agama dan tersangka. Itu kan luar biasa," katanya.

Mantan politikus Demokrat, Roy Suryo.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Mantan menteri pemuda dan olahraga itu juga memgaku menerima teror melalui nomor teleponnya, yang semua buktinya telah dia sampaikan kepada LPSK pada 6 Juli. "Bahkan teror yang sifatnya nonteknis," katanya.

Roy Suryo, bersama kuasa hukumnya, melaporkan tiga akun yang diduga mengunggah meme stupa Candi Borobdur mirip wajah Presiden Jokowi kepada Polda Metro Jaya. 

Roy beralasan, tiga akun tersebut sengaja memancing dirinya agar ikut mengunggah stupa mirip Jokowi. Dia mengaku di-mention salah satu akun pengunggah tersebut yang akhirnya membuatnya ikut mengunggah meme stupa.

"Apalagi saya di-mention oleh salah satu pengunggah tersebut. Itulah yang membuat saya menjawab dengan mencantumkan kembali meme-meme tersebut," kata Roy saat dikonfirmasi VIVA, Jumat, 17 Juni 2022.

Dia menyebut tiga akun yang dilaporkan adalah @fly_free_DY, @NewOpang, @IrutPagut. Roy mengatakan laporan itu sudah diterima Polda Metro Jaya pada 16 Juni 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya