Periksa 20 CCTV Magelang-Jakarta, Komnas HAM: Brigadir J Masih Hidup

Komisioner Komnas HAM, M Choirul Anam.
Sumber :
  • VIVA/ Rahmat Fatahillah Ilham.

VIVA Nasional – Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), M Choirul Anam mengatakan bahwa pihaknya telah selesai memeriksa 20 CCTV dari 27 titik selama perjalanan dari Magelang - Duren Tiga - RS Polri Kramat Jati. 

Kronologi Penganiayaan Siswa SMPN 55 Barombong dan Penangkapan 4 Pelaku

"Dari 20 video dari 27 titik kami lihat semuanya dari Magelang sampai Duren Tiga, termasuk juga video sampai Kramat Jati," kata Anam dalam keterangannya saat konpers di Komnas HAM, Rabu 27 Juli 2022.

Rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, Kompleks Polri Duren Tiga, Pancoran, Jakarta.

Photo :
  • VIVA/ Anwar Sadat.
Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Anam menjelaskan bahwa 20 CCTV tersebut bersumber dari jalan tol dan juga ada yang milik pribadi. Terekam dalam CCTV tersebut, kata Anam, rombongan Irjen Sambo melakukan perjalanan dari Magelang menuju Jakarta. 

"20 video ini dari CCTV, siapa yang punya? Ada yang punya jalan tol, punya pribadi dan macam - macam," ucap Anam.

Geger Seorang Pelajar SMP Terkapar Dikeroyok Sesama Pelajar, Pelaku Panik Ada CCTV

Anam melanjutkan, saat sampai di Duren Tiga, diperlihatkan rombongan Irjen Sambo lengkap dengan seluruh ajudan beserta istrinya. 

"Di area Duren Tiga, video memperlihatkan ada Irjen Sambo, ada rombongan dari magelang. Lengkap dengan semua ajudan nya termasuk Brigadir J serta istri dari Irjen Sambo," ujar Anam.

Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J

Photo :
  • tvone

Dalam video tersebut, lanjut Anam, terlihat Irjen Sambo masuk terlebih dahulu ke dalam rumah. Setelah itu, barulah rombongan yang dari Magelang datang ke rumah tersebut.

"Irjen sambo masuk duluan, setelah sekian waktu ada rombongan barulah pulang itu dari Magelang. Disitu terlihat istri Irjen Sambo, ada almarhum Brigadir J juga," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) bantah pernyataan pengacara Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang menyebut kliennya tewas dalam perjalanan dari Magelang menuju Jakarta. 

Komisioner Komnas HAM, M Choirul Anam mengatakan berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan timnya Brigadir J meninggal dunia di Jakarta.

"Kami tidak pernah ngomong kalau Brigadir J dibunuh di jalan, itu tidak pernah. Cek semua ini kami tidak pernah mengatakan demikian," kata Anam dalam keterangannya di Komnas HAM, Rabu 27 Juli 2022.

Baca juga: Komnas HAM Akan Cari Tahu soal CCTV Rusak di Rumah Ferdy Sambo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya