Pemanfaatan Teknologi Smart Home Jadi Solusi Praktis Menjelang Libur Lebaran

Smart Home
Sumber :
  • Dok.istimewa

VIVA – Mudik atau pulang ke kampung halaman menjadi ritual tahunan masyarakat Indonesia setiap menjelang lebaran. Pada umumnya masyarakat melakukan mudik atau pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari raya bersama keluarga.

Polisi Larang Warga Bawa Petasan saat Nobar Timnas Indonesia U23 vs Uzbekistan

Tradisi mudik ini sudah menjadi budaya bagi sebagian Masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat yang tinggal di perantauan. 

Ilustrasi macet / mudik

Photo :
  • Bridgestone Indonesia
Bentuk Kepedulian Muhammadiyah Buat Penyandang Difabel

Ada berbagai pilihan moda transportasi untuk melakukan mudik, mulai dari pesawat terbang untuk perjalanan lintas provinsi atau pulau, kereta api, bus, hingga kapal laut.

Namun, pulang kampung atau mudik juga bisa membuat sebagian masyarakat merasa cemas karena mereka akan meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama. Ada kemungkinan rumah mereka menjadi target orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

DKPP Ungkap Laporan Pelanggaran Pemilu 2024 Terbanyak dari Provinsi Papua

Oleh karena itu, sebelum melakukan mudik, penting untuk memastikan bahwa kondisi rumah yang ditinggalkan dalam keadaan baik dan aman agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

PLN Icon Plus menawarkan solusi untuk meminimalisir risiko tersebut dengan memanfaatkan sistem Smart Home atau teknologi rumah pintar. Dengan Smart Home, semua peralatan dan perangkat rumah dapat dikendalikan secara otomatis dari jarak jauh melalui koneksi internet (ICONNET).

Smart Home

Photo :
  • Dok.istimewa

Dengan Smart Home, kita dapat memasang CCTV atau kamera pintar baik di dalam maupun di luar rumah untuk memantau keadaan rumah secara real-time. Selain itu, kita juga dapat memasang pintu dengan kunci pintar untuk keamanan ekstra serta lampu pintar untuk mengatur pencahayaan dari jarak jauh.

Produk Smart Home ini dapat ditemukan melalui aplikasi Smarthome Plus yang dapat diunduh melalui Play Store (Android) dan Apps Store (iOS). Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengendalikan berbagai perangkat Smart Home di rumah, seperti sensor IR, Google Nest, kunci pintar, saklar pintar, bel pintar, CCTV, dan perangkat lainnya.

Dengan Smarthome Plus, kita dapat meninggalkan rumah saat mudik tanpa perlu khawatir, sehingga perjalanan menuju kampung halaman menjadi aman, nyaman, dan menyenangkan. Layanan Smart Home ini merupakan bagian dari Solusi Pintar dan Hijau dari PLN Icon Plus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya