Ade Armando Sebut Sikap Anies Bisa Jadi Teladan

Pakar komunikasi sekaligus dosen UI, Ade Armando
Sumber :
  • VIVAnews/Foe Peace Simbolon

VIVA Nasional – Pakar Komunikasi sekaligus Dosen di Universitas Indonesia, Ade Armando membela Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan yang dikritik oleh warganet karena anaknya Mutiara Baswedan tak mengenakan Jilbab. Ade menjelaskan meskipun dirinya bukan pendukung Anies, namun sikap Anies dalam mendidik anaknya sudah tepat.

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

Menurut Ade, Anies dapat menjadi teladan bagi para orang tua agar tidak memaksakan anaknya untuk memakai jilbab. Sebab, Ade berpandangan Jilbab adalah sesuatu yang sifatnya pilihan bukan sebuah keharusan.

"Saya sendiri bukan pendukung Anies. Tapi bukan karena itu saya berharap Mutiara tetap tidak mengenakan jilbab. Bila Putri Anies tidak berjilbab dan sang Ayah membiarkannya itu akan menjadi teladan penting bagi umat Islam konservatif yang mengidolakan Anies bahwa jilbab bukanlah sebuah keharusan," kata Ade Armando dalam sebuah video yang dikutip Selasa 2 Agustus 2022

2 Mahasiswa Psikologi Islam IAIN SAS Babel Raih Prestasi Peneliti Muda Terbaik di KNPMPI 2024

Tak hanya mengapresiasi sikap Anies, Ade juga memuji putri Anies, Mutiara Baswedan. Menurut Ade, Mutiara Baswedan adalah sosok anak perempuan yang sopan.

"Sekadar catatan saya tidak pernah melihat foto Mutiara berpakaian seksi misalnya. Dia tidak pernah mengenakan rok mini atau short yang memperlihatkan paha atau baju berdada rendah. Pakaiannya sopan. Mutiara Itu tampak sebagai gadis cantik yang tampil dengan tetap menjaga norma," kata Ade

Miris, Umat Muslim di Kota Monfalcone Italia Dilarang Salat Karena Aturan Baru

Anies Baswedan bersama putrinya, Rabu, 19 April 2017.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Irwandi Arsyad.

Menurut Ade, seorang anak wanita memiliki kebebasan untuk memilih apakah dia ingin memakai kerudung atau tidak. Bukan justru dipaksa untuk mengikuti keinginan orang tuanya yang menginginkan anaknya berjilbab.

"Jilbab adalah sebuah pilihan cara berpakaian yang bisa dikenakan bisa tidak. Dan itu adalah sebuah cara pandang beragama yang pluralis dan liberal," ujar Ade

Anies Baswedan memeluk putrinya Mutiara pada hari pernikahan

Photo :
  • Instagram Anies Baswedan

Diberitakan sebelumnya, Anies Baswedan dikritik oleh salah satu warganet usai pernikahan anaknya Mutiara Baswedan yang digelar beberapa hari lalu. Anies mendapatkan kritik dari pengguna sosial media @DokterTifa karena anaknya Mutiara Baswedan tidak mengenakan jilbab.

"Dear @aniesbaswedan Utk 2024, cuma kurang 1 langkahmu. Putrimu, Tia, pakaikanlah Jilbab. InsyaAllah 85% suara Muslim, dlm genggamanmu. Dg cara sgt  sederhana ini, dirimu paripurna. Sekaligus membebaskan umat Muslim dr pembenaran atas ketidakbenaran yg dilakukan Idolanya," tulis Dokter Tifa dalam akun twitternya, pada Sabtu 30 Juli 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya