Komnas HAM: Ada Ajudan Selain Bharada E Dengar Teriakan Istri Sambo

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik
Sumber :
  • tvOne

VIVA Nasional – Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Ahmad Taufan Damanik mengatakan, selain Bharada Richard Eliezer (Bharada E), ada satu ajudan lain yang menjadi saksi mendengar teriakan istri Irjen Ferdy Sambo, yaitu Bripka Ricky. 

Kabar Terkini Anak Ferdy Sambo Trisha Eungelica, Sibuk Koas dan Rawat Adik Bungsunya

"Iya menurut dia, itu kan keterangan satu pihak, dia mendengar teriakan, kita nggak bisa begitu saja menerima kita harus crosscheck lagi dengan bukti-bukti lain," kata Taufan dalam keterangannya di Komnas HAM, Rabu 3 Agustus 2022.

Bharada E (Baju hitam) datangi Komnas HAM dikawal Brimob

Photo :
  • VIVA / Rahmat Fatahillah Ilham
Pernah Anulir Vonis Mati Sambo, Kabar Majunya Suharto jadi Wakil Ketua MA Dikritisi

Lanjut Taufan, Ricky mengaku mendengar teriakan istri Ferdy Sambo. Namun, baik Ricky maupun Bharada E tidak mengetahui penyebab istri Ferdy Sambo berteriak.

"Ya nggak tahu dia bilang, makanya soal peristiwa pelecehan seksual itu, itu yang bisa memberikan keterangan hanya Bu P, Joshua sudah meninggal. Bharada E dan Ricky dia hanya mendengar teriakan, dia tidak tahu mengapa terjadi teriakan itu," ujar Taufan. 

Detik-detik Bharada Richard Eliezer Pindah Agama Jelang Menikah dengan Ling Ling

Taufan mengatakan, saat ini pihaknya masih mengumpulkan bukti-bukti dari kasus tersebut. Dia juga meminta warga tidak menyampaikan spekulasi-spekulasi yang belum jelas kebenarannya.

"Di situ missing link yang harus kita cari dengan alat-alat bukti yang lain untuk bisa memastikan apa sesungguhnya yang terjadi. Jadi jangan dikembangkan spekulasi macam-macam, ya ini aja fokus untuk mencari kebenaran material itu di sini," tuturnya.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Sebagai informasi, Ajudan Ferdy Sambo yaitu Bripka Ricky dan pengurus rumah Irjen Ferdy Sambo telah hadir pada pemeriksaan yang sudah dijadwalkan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) pada Senin 1 Agustus 2022. Mereka diperiksa terkait kasus baku tembak antara Bharada E dan Brigadir Nofriyansah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

Berdasarkan pantauan, salah satu ajudan yang waktu lalu sudah diperiksa juga datang memakai baju warna hitam dan topi. Ada juga seorang wanita yang menggunakan baju warna putih dan berkerudung hitam.

Baca juga: Terkuak, Tragedi Penembakan Brigadir J Cuma Berlangsung 2 Menit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya